Connect with us

SuaraKepri.com

Wabup Buka FUNTURISTIC Festival

Natuna

Wabup Buka FUNTURISTIC Festival

 Tanjungpinang — Penyelenggaraan event salah satu unsur penting dalam pengembangan pariwisata di suatu daerah. Karena dengan sebuah Event akan mendatangkan minat wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti MA, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Funtouristic Festival Layang-Layang, dalam rangka Hari Jadi Kota Ranai Ke 148 Tahun 2019, di Pantai Kencana – Ranai, Sabtu, (27/7/2019) malam.

Menurutnya penyelenggaraan event Funtouristic yang dimeriahkan dengan beragam festival dan lomba yang disejalankan dengan Hari Jadi Kota Ranai Ke 148 ini Kedepannya bisa mendatangkan wisatawan.

“Dengan adanya berbagai event yang digelar ini dapat menambah kecintaan kita terhadap warisan budaya daerah dan potensi lainnya yang kita miliki, serta dapat memberikan hiburan bagi masyarakat Natuna ditengah-tengah rutinitas kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Ngesti, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya penyelenggaraan even Funtouristic ini, mulai dari TNI – Polri, OPD, Komunitas, dan masyarakat Natuna, yang selalu mendukung dan bersinergi pada setiap event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Natuna.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Natuna, Hardinansyah Rajani, yang bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana Funtouristic Festival, dalam laporannya mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Natuna yang memiliki keindahan alam, seperti gunung, air terjun, hayati, bebatuan, laut, pantai, seni dan budaya, yang menyimpan kekayaan bahari dengan potensi yang menawan dan menakjubkan.

“Dengan Biodiversity, serta Valter’s Diversity inilah yang menyebabkan Kabupaten Natuna ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Dan mudah-mudahan akan ditetapkan sebagai Global Geopark Unesco. Dengan demikian, bukan tidak mungkin Natuna disebut sebagai pintu gerbang pariwisata Indonesia,” terangnya.

Lanjut Hardinansyah, kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari, yaitu mulai tanggal 27 hingga 31 Juli 2019 dengan menampilkan berbagai lomba dan festival yakni, Festival Layang-Layang, Lomba Lagu Melayu, Lomba Gasing, Festival Burung Berkicau, Lomba Nyuluh, dan Bajar Pelajar.

“Khusus Festival Layang-Layang pesertanya berasal dari 10 negara, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Cina, Australia, United Kingdom, Prancis, Jerman, Pilipina, dan Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang,” pungkasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan DPA SKPD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2019, dan dibantu sponsor pihak ketiga,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua II DPRD Natuna Daeng Amhar, para Pimpinan FKPD, Sekda Natuna Wan Siswandi, para Asisten dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, dan ribuan pengunjung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top