by

Sambut KMP. BAHTERA NUSANTARA 01, Pemkab Natuna Gelar Tepung Tawar

Penulis : -Natuna-42 views

Natuna, suarakepri.com – Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar kegiatan tepung tawar atas kedatangan perdana Kapal Roll On Roll Of (RoRo) KMP. BAHTERA NUSANTARA 01. Jumat (17/07) di Pelabuhan Roro Tanjung Payung Penagi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Natuna, Ketua DPRD Natuna, Dandim 0318, Danlanud RSA, Danlanal Ranai, Kapolres Natuna, Kepala Bandara Ranai, OPD dan Tamu Undangan.

Bupati Natuna, Hamid Rizal

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kami pemkab Natuna menyampaikan selamat datang Kepada. KMP. BAHTERA NUSANTARA 01 yang sudah dinantikan oleh masyarakat Natuna.

“Kami sangat berbahagia dengan kehadiran kapal Bahtera Nuasantara 01 ini, semoga kedepannya pembangunan di Natuna bertanbah mengeliat,” ucap Bupati Hamid Rizal, di hadapan tamu undangan.

Menurut Hamid Rizal Kapal RoRo tersebut tentunya sangat dinanti oleh segenap masyarakat kabupaten natuna. Mengingat daerah ini memiliki karakter geografis kepulauan, dimana sejak dahulu, moda transportasi laut merupakan pilihan utama masyarakat.

“Khususnya dalam menggerakkan roda perekonomian, sekaligus pelaksanaan pembangunan daerah. Selain itu pula, menjadi sarana penting dalam membuka tabir isolasi daerah, penghubung dengan beberapa daerah penyangga, baik dengan daerah kalimantan barat, maupun tanjungpinang khususnya,” jelasnya.

Terlebih lagi saat ini kabupaten natuna sedang gencar mempromosikan sektor pariwisata daerah yang sudah barang tentu mengharapkan terjadinya peningkatan kunjungan wisata di kabupaten natuna.

“Dengan kehadiran kmp bahtera nusantara 01 yang mulai beroperasi di perairan natuna, kita sama-sama berharap bahwa pelaksanaan pembangunan daerah bisa berjalan lebih baik,” tambahnya.

Namun demikian kata Hamid, perlu saya tekankan bahwa dibalik peran penting keberadaan moda transportasi ini, tentunya secara stimulan akan memberikan peluang pula terhadap penyebaran covid – 19.

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat khususnya untuk selalu waspada, dan mengindahkan berbagai anjuran pemerintah bagi mencegah covid-19 masuk ke Natuna.

“saya berharap di kmp nusantara 01 ada tenaga medis dan ruang isolasi,” pintanyapintanya

Kemudian hamid rizal meminta kepada masyarakat kabupaten natuna bisa memanfaatkan dan menjaga kapal ini dengan baik.

Pada kesempatan yang sama General Manager PT. ASDP Ferry Indonesia Cabang Batam, Arifuddin menyampaikan bahwa kehadiran kmp bahtera nusantara 01 ini dalam rangka mendukung sector perekonomian di kepri, semoga memberikan kontribusi perekonomian antar Pulau.

“Kapal ini merupakan aset negara yang di buat oleh kemenhub dan di amanatkan kepada ASDP sebagi operator nya.” Kata Arifuddin

“Adapun pengoperasian pelayaran kapal ini, sesuai dengan berita acara serah terima nomor: PL. 108/114/BAST/SATKER-TSDP/II/2020 tanggal 21 Februari 2020 bahwa telah diserahkan operasional kapal KMP. Bahtera Nusantara 01 dari Kementerian Perhubungan kepada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero),” tambahnya

Dijelaskannya lagi Kapal RoRo ini bisa membawa 378 Penumpang. Kemudian untuk dek penumpang sudah lengkap dengan AC. Selain itu juga Ada 3 Kamar VIP masing-masing kamar memiliki 4 tempat tidur dan Kamar mandi di dalam.

“kapal RoRo ini bisa memuat 38 kendaraan campuran,” jelasnya

Sambung Arifudin kehadiran kmp bahtera nusantara 01 sebagai upaya menunjukan ke negara tetangga, bahwa negara kita bisa menghadirkan kapal yang baik untuk di daerah Perbatasan.

Untuk rute lintasan kmp bahtera nusantara 01 yaitu tanjung uban-matak-penagi-serasan-sintete dan sebaliknya. Kemudian tanjung uban-tambelan-sintete dan sebaliknya.

Laporan : M. Rozali

Comment

Berita Lainnya