Pembukaan LK2 HMI Tanjung Pinang, Izhari Mawardi Tegaskan Pentingnya Pemahaman Digitalisasi

  • Share

Tanjungpinang, SuaraKepri.com – Izhari Mawardi menyampaikan gagasan baru pada pembukaan pelatihan Intermediate Training (LK2) tingkat nasional HMI Cabang Tanjung Pinang di Aula Asrama Haji Kepulauan Riau, Kamis (20/01/2022).

Pada sesi stadium general, ia menyampaikan perlunya generasi muda memahami dua aspek penting berupa dampak perubahan (globalisasi) bagi ekonomi Indonesia dan juga perkembangan digitalisasi sebagai salah satu solusi bagi perubahan.

banner 336x280

“Ada beberapa tantangan generasi muda yang berkarakter Islami dan terdidik menuju kebangkitan di dalam peradaban dunia,” ungkap pria lulusan Harvard ini.

Ia menjelaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) Islami harus mampu memperkuat kompetensi dalam rangka menyongsong persaingan sumber daya manusia di tataran nasional dan global.

“Kader Himpunan Mahasiswa Islam harus menyongsong perubahan utama melalui medium digitalisasi. Bahwasanya para pemuda bisa menjadikan inovasi dan teknologi sebagai salah satu bagian dari solusi pembangunan yang tentunya baru akan efektif ketika ditambah dengan ilmu pengetahuan agama yang cukup” lanjutnya.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa kontur Indonesia yang berbasis maritim dan kepulauan bisa mengambil manfaat dari perkembangan teknologi dan digitalisasi.

“Para nelayan yang berada di wilayah terpencil Indonesia bisa dengan cepat melakukan foto atas tangkapan mereka, untuk kemudian dijual pada e-commerce yang tersedia.”

Dengan melakukan hal tersebut, maka harga jual hasil tangkapan nelayan bisa naik dan dengan sendirinya meningkatkan nilai ke-ekonomian nelayan.

Ia melanjutkan HMI bisa melakukan sosialisasi atas perkembangan teknologi dan juga memberikan pelatihan kepada para nelayan di wilayah terpencil Kepulauan Riau.

“Poin-poin di atas menjadi tantangan kita bersama untuk merubah pola pikir dan laku untuk perbaikan ke depannya,” tuturnya.

Ia optimis dengan menggandeng pemuda, mahasiswa dan elemen lainnya, Indonesia terkhususnya Kepulauan Riau akan mampu beradaptasi mengikuti kemajuan zaman.

Untuk diketahui, LK2 tingkat nasional ini diadakan sampai tanggal 26 Januari. Pada pembukaan tadi, dihadiri oleh Walikota Tanjung Pinang, Ketua MW KAHMI Kepulauan Riau dan beberapa pejabat lainnya.

  • Share