by

Gubernur Sulawesi Tenggara Beri Perhatian Khusus Debitur Berdampak Covid-19

-Nasional-362 views

Sultra, suarakepri.com – Keluarnya kebijakan relaksasi/restrukturisasi bagi debitur yang terkena dampak Covid-19 mendapat perhatian khusus dari Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi.

Hal ini disampaikan pada saat pembukaan acara Forum Sinergi Stakeholder dan Otoritas Jasa Keuangan (Fusion) tahun 2020 di Hotel Claro, Selasa (15/12).

Ali Mazi menjelaskan dalam menangani permasalahan perekonomian bangsa akibat pandemi global Covid-19 perlu adanya kebijakan untuk mendukung terwujudnya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dukungan itu merupakan program hasil kolaborasi dan sinergi lintas otoritas yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang bertujuan untuk mengefektifkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKAD) Sultra,” ungkapnya.

Demi mencapai efektifnya kinerja TPAKAD, Ali Mazi juga menambahkan ada beberapa poin penting dalam peningkatan TPAKAD agar lebih efektif.

Dalam hal ini saya akan menambahkan poin penting, yaitu TPAKAD akan dimulai dari Mendorong percepatan konsolidasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Grup Bahteramas se-Sultra.

“Melakukan penguatan jumlah modal inti minimum Bank Sultra sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” paparnya.

Selain itu, dengan melakukan inovasi program pembiayaan melawan rentenir dan pembentukan Jamkrida (penjamin Kredit Daerah).

“Melakukan upaya pengembangan sektor ekonomi prioritas seperti perikanan, pertanian, dan pariwisata,” tambahnya.

“Hal ini sejalan dengan amanat bapak presiden RI terkait target indeks literasi keuangan dan inklusi keuangan yang harus dicapai tahun 2024,” tutupnya.

Penulis : Thafan

Comment

Berita Lainnya