Masjid Al-Mubarak Desa Senggoro Gelar Tepuk Tepung Tawar kepada 10 Orang JCH

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Pengurus Masjid Al-Mubarak Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, menggelar acara Do’a Selamat dan Tepuk Tepung Tawar Jama’ah Calon Haji (JCH) Minggu malam (12/6/2022), pukul 20.00 WIB.

Sebelum acara dimulai, diawali dengan shalat Isya berjamaah. Seusai sholat Isya, dilanjutkan  dengan acara pembukaan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan menyampaikan kata sambutan dari pengurus Masjid Al-Mubarak H.Mujammad Sidik, Kepala Desa Senggoro Basrah Hamid dan salah seorang  jamaah calon haji, sekaligus mendengarkan tausiah dari ustad Drs.H.Marhelas.

banner 336x280

Tampak hadir disesi acara tepuk tepung tawar, Ketua Masjid Al-Mubarak Yung Syarif dan pengurus H.Muhammad Sidik, Ed Efendi, SH. MH, Bendahara Masjid Al-Mubarak Bukri, Kades Senggoro Basrah, Sekdes Senggoro Aries Tavianto, Ketua BPD Senggoro H.Irwan, Sekretaris Senggoro Ibnu Salim, Anggota BPD Gunawan (Igun), ketua RW Abdul Karim dan RT, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, persatuan Ibu-Ibu Masjid Al-Mubarak dan seluruh pengurus Masjid dan Musholla se-Desa Senggoro.

Pelepasan para jamaah tersebut diwarnai dengan prosesi adat melayu tepuk tepung tawar yang dimaknai sebagai doa selamat untuk jamaah calon haji.

Tepuk tepung tawar diberikan kepada 10 orang  jamaah calon haji yakni, Kusno Bin Kromo Rejo, M.Said Siregar Bin Mansur Siregar, Darwis Syam Aziz Bin Abdul Malik, Salmiati Binti Idris Gani, Endang Muhammad Ali Zen, Tukimin Hasan Misbah, Hadi Prayitno Bin Zainudin, Rina Delfi Binti Azhari, Maryati Binti Husin Adam dan Mardiana Binti Husin Adam.

Kepala Desa (Kades) Sengoro mengucapkan selamat kepada para CJH. Ia berpesan agar para calon jamaah haji menjaga kesehatan dan utamakan protokol kesehatan agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekah. 

Atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Senggoro mengucapkan selamat kepada JCH yang tahun 2022 ini mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

“Kami selalu iringi dengan doa semoga diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk sehingga kembali ke Indonesia menjadi haji yang mabrur. Dan mohon doakan agar kami disini bisa segera menyusul untuk melaksanakan ibadah haji,” ungkap Kades Senggoro Basrah.

Senada yang di utarakan pengurus dan selaku panitia pelaksana tepuk tepung tawar Masjid Al-Mubarak H.Muhammad Sidik menyampaikan, diketahui bersama bahwa sudah dua tahun belakangan berturut-turut tidak bisa menunaikan haji.

“Alhamdulillah tahun 2022 ini bisa terlaksanakan,” sebutnya H.Muhammad Sidik dalam sambutannya.

Kendati demikian, ia berharap agar calon jamaah haji bisa menjaga kekompakan, kebersamaan, rasa kekeluargaan, saling menjaga, dan tolong- menolong.

“H.Muhammad Sidik juga meminta kepada para JCH, untuk mendoakan Kota Bengkalis dan masyarakat di Desa Senggoro agar senantiasa diberikan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT..Amiinn yra,” katanya mengaminkan.

Dalam kesempatan ini juga, salah seorang perwakilan dari Calon Jamaah Haji Desa Senggoro Bapak Kusno menceritakan perjalanan para calon jamaah haji dari Bengkalis sampai ke tanah suci Mekah.

Ia juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Desa Senggoro, baik itu dalam pergaulan sehari-hari.

“Insya Allah, kami para jamaah akan mendoakan juga agar masyarakat Desa Senggoro selalu di lindungi Allah SWT dan selalu diberikan Allah keberkahan, kemakmuran, keselamatan, sejahtera, aman dan damai untuk Bengkalis,” ujar Kusno dihadapan masyarakat yang hadir di acara tepuk tepung tawar di Masjid Al-Mubarak.

Usai tepuk tepung tawar, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa serta memberikan cendra mata, bersalam-salaman dan berfoto bersama.

  • Share