Masjid Al-Mubarak Desa Senggoro Sembelih Hewan Qurban Usai Sholat Idul Adha 1443 H

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Allahhu Akbar 3x..sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, pengurus Masjid Al-Mubarak dan masyarakat melakukan penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1443 H/ 2022 M, bertempat di halaman Masjid Al-Mubaraq Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Minggu (10/7/2022). 

Dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, Ketua Masjid Al-Mubarak Desa Senggoro, Yung Syarif menyampaikan, pemotongan hewan kurban ini merupakan pembelajaran bagi masyarakat makna dan arti berkurban dengan berbagi dan peduli kepada sesama manusia.

banner 336x280

Dan pemotongan hewan qurban ini jangan dinilai dari materialnya saja, tetapi yang lebih penting adalah hikmah dari acara qurban itu sendiri.

“Karena ibadah qurban mempunyai nilai dimensi ibadah kepada Allah SWT, dimana kita semua dituntut melatih diri kita untuk rela berkorban dengan penuh keikhlasan, karena hidup sejatinya adalah pengorbanan,” ungkap Yung Syarif usai melakukan penyembelihan hewan qurban.

Tak hanya itu, untuk kegiatan pemotongan hewan qurban yang tiap tahun rutin dilaksanakan di Masjid Al-Mubarak ini selain memiliki nilai ibadah, namun juga untuk mendidik dan membentuk karakter masyarakat dalam mengembangkan kualitas iman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ungkap Yung Syarif.

Senada yang dikatakan Bendahara Masjid Al-Mubarak, Bukri menuturkan, pada penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di halaman Masjid Al-Mubarak yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai dengan jumlah hewan qurban sebanyak 2 ekor Sapi dan 8 ekor Kambing yang dagingnya dibagikan kepada warga disekitar masyarakat Desa Senggoro.

Pada hari ini, suasana yang diiringi saling bekerjasama dan bergotong royong penyembelihan hewan qurban membuktikan rasa kebersamaan serta kekeluargaan dilingkungan Masjid Al-Mubarak.

“Kami dari pengurus Masjid Al-Mubarak mengucapkan puji syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga seluruh prosesi acara dapat berjalan lancar dan aman sejak penyembelihan hewan kurban sampai pembagian daging qurban kepada warga,” pungkasnya.

  • Share