Lingga  

Disdikpora Lingga Sosialisasikan ANBK Untuk Kepala Satuan SMP dan SD

Lingga SuaraKepri.com – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga melaksanakan Sosialisasi persiapan Asesment Nasional berbasis Komputer (ANBK) bagi kepala satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama SMP dan Sekolah Dasar SD, di Hotel Perima Inn Dabok Singkep, Senin (22/8).

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga H. Armia melalui Kasi Kurikulum Dikdas Junaidi dalam sambutannya nya mengatakan, ANBK ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatan hasil belajar murid.

banner 336x280

“Asesmen Nasional juga menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan,” paparnya di depan peserta perwakilan dari setiap sekolah.

Dijelaskannya lagi, Asesmen Nasional merupakan program mutu satuan pendidikan yang dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar – mengajar dalam iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajarannya.

“Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para proktor dari masing-masing Sekolah khususnya yang melaksanakan ANBK secara mandiri. Alhamdulilah pada kegiatan ini kita di wakili 50 orang peserta dari perwakilan setiap sekolah tingkat SMP dan SD,” pungkasnya.

Penulis : Febrian S.r

Comment