40 Guru Nerawat Thailand dan Parlemen Hang Tuah Malaka Akan Berkunjung ke Pekanbaru

PEKANBARU, SuaraKepri.com – Jika tidak ada aral melintang, sebanyak 40 guru dari Neratawat, Jala dan Patani Thailand dan pengurus dan anggota Parlemen Hang Tuah Malaka, Malaysia akan melakukan lawatan di Kota Pekanbaru.

Kedua tamu dari Negara serumpun Melayu ini bakal melakukan lawatan ke sejumlah sekolah, LAM Riau, tempat-tempat bersejarah peninggalan kerajaan Siak, DMDI Riau di Pekanbaru, pada 16 Oktober sampai 3 November 2022.

banner 336x280

“Insyaallah kita akan kedatangan tamu dari Negara Thailan dan Malaysia dengan rombongan berjumlah lebih kurang 100 orang pada 24 oktober sampai 4 November 2022,” ujar ujar Sekretaris Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau Drs.Taslim MA di Sekretariat DMDI Riau Kompleks LAM Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (5/10/2022).

Dijelaskan Taslim, adapun tujuan guru- guru darai Thailan ke Kota  Pekanbaru, Riau untuk studi banding  tentang bagai mana manajemen sekolah,  kurikulum dan metodologi proses belajar mengajar. Penyerapan materi itu nantinya  akan menjadi rujukan sekolah di Thailan.

“Kami dari DMDI Riau yang menerima tamu dari luar neeri ini sudah berkoordinasi dengan intansi terkait dan  surat-surat pemberitahuannya  sudah kami sampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dan Kementerian Agama Kota Pekanbaru dan tembusannya ke Kadis Pendidikan Riau,” ujaranya.

Taslim juga menyebutkan,  pada  bulan yang sama Kota Pekanbaru mendapat kunjungan dari program lawatan sebanyak 50 orang yang dilakukan oleh Persatuan Sidang Parlemen Hang Tuah Melaka Malaysia.

“Insyaallah tanggal 20-24 oktober 2022.program ini dilakukan oleh pengurus dan anggota parlemen sidang Hang Tuah Malaka,dalam rangka meningkatkan persaudaraan serumpun Melayu,  dan meningkat pemahaman adat Melayu  Riau yang selama ini dilakukan di daerah Riau khususnya di Kota Pekanbaru,” ujar Taslim.

Dikatakan Taslim, pada waktu lawatan mereka ada salah seorang pengurus DMDI Riau H Raja Yandara akan melangsungkan perkahwinan putrinya secara  adat Melayu. Jadi para tamu dari Malaysia ini akan langsung melihat perhelatan prosesi sejak darai  ijab kabul sampai proses selesai.

“Atas nama DMDI Provinsi Riau, kami mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya, karena hadir di negeri yang di bangun oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Mu’azzamsyah pendiri Kota Pekanbaru yang arif dan bijaksana,” ujarnya.

Comment