banner 728x250

Tanam Mangrove, Presiden RI Kunker Ke Kabupaten Bengkalis

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir.H.Joko Widodo berkunjung ke Desa Muntai, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, dalam rangka kunjungan kerja (Kunker).

Dari lokasi mendarat helikopter Presiden RI, tepatnya di lapangan SDN 4 Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau sekitar pukul 10.30 WIB.

banner 336x280

Presiden RI langsung menuju lokasi penanaman Mangrove di pantai Raja Kecik Desa Muntai Barat dengan menggunakan mobil dikawal ketat Paspampres serta di kawal dari aparat TNI-Polri di setiap menuju melewati kunjungan yakni ke Pantai Raja Kecil di Desa Muntai.

Kunker mengunjungi sejumlah lokasi dalam kunjungannya hari ini, orang nomor satu di Indonesia ini, ingin melihat langsung Pulau terluar perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan perbatasan langsung dengan negara Malaysia, yaitu di Pantai Raja Kecil di Desa Muntai.

Saat menuju tempat penanaman Mangrove di Pantai Raja Kecil, pada Selasa (28/9/2021), Jokowi sempat membagikan baju Kaos oblong berwarna hitam yang bertuliskan JOKOWI dan juga memberikan sejumlah buku tulis anak sekolah kepada warga Desa Muntai.

“Alhamdulilah, di kasi baju Kaos dan buku tulis dari Bapak Jokowi untuk anak kami,” ucap warga Desa Muntai dengan gembiranya.

Dan warga mengaku seperti di dalam mimpi dan tidak menyangka Jokowi akan memberikan kaos dan buku tulis kepada warga. Warga setempatpun juga mengaku merasa senang karena bisa melihat Jokowi secara langsung.

Selanjutnya, di lokasi Pantai Raja Kecil Desa Muntai, Presiden RI berharap kawasan yang terabrasi bisa diperbaiki dan rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi sekaligus mendukung ekowisata daerah rehabilitas mangrove akan terus dilakukan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi di seluruh tanah air yang memang diperlukan,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, Pemerintah Indonesia akan melakukan rehabilitasi hutan Mangrove di seluruh Tanah Air, tepatnya dengan luas sekitar 34 ribu hektar.

Presiden Jokowi menegaskan kehadiran hutan mangrove ini memberikan dampak positif bagi ekosistem, terutama hutan mangrove ini menyimpan karbon yakni 4 sampai 5 kali lipat lebih banyak dari hutan tropis daratan.

“Sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon. Hal ini meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement dan perubahan iklim dunia,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini dan di hadapan masyarakat Bengkalis.

Usai menanam bibit mangrove di Pantai Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Bupati Bengkalis Kasmarni serta jumlah pejabat petinggi lainya menyempatkan diri menelusuri jembatan menjulang panjang di bibir pantai.

  • Share