Perkenalkan Budaya Melayu Lewat Batik Bintan, Nia Agustina Edukasi Masyarakat

  • Share

Bintan, suarakepri.com – Demi mempertahankan dan memperkenalkan budaya Melayu agar tidak punah oleh zaman. Melalui Batik Bintan, Nia Agustina berikan edukasi kepada masyarakat.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pemerintahan Kabupaten Bintan sempat launching dan menjadikan baju batik bercorak padi emas sebagai salah satu icon pada hari Rabu, tanggal 31 Juli 2019.

banner 336x280

Melihat perkembangan batik didaerah Bintan sempat menjadi daya tarik masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara pada saat itu. Nia Agustina selaku Owner dari Batik Bintan merasa hal ini perlu dipertahankan.

Menurutnya. Dahulu Bintan sudah punya batik khasnya, tapi saat ini sudah mulai redup, sehingga ia berinisiatif untuk terus memperjuangkan dan mencoba untuk membangkitkan kembali batik khas Kabupaten Bintan dengan nuansa baru dan tentunya tetap konsisten mengangkat tema adat dan budaya Melayu.

Nia juga menjelaskan, saat ini Batik Bintan sudah memiliki beberapa motif yang telah dipasarkan. Adapun motif tersebut yaitu Padi Tunggal, Topeng Makyong, Menari dan ada juga motif motif F1.

“Saat ini sudah ada beberapa motif yang telah dipasarkan. Namun kedepannya Batik Bintan juga akan membuat motif baru, yaitu batik Baju Tradisional Melayu. Semoga saja hal ini dapat terlaksana,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menerangkan bahwasanya kehadiran dan eksistensi Batik Bintan saat ini tidak lepas dari perhatian para pihak pemerintah setempat yang telah mendukung dan memberikan kesempatan untuk memperkenalkan karya Batik Bintan dalam berbagai kegiatan dari pemerintah daerah, salah satunya peringatan hari ulang tahun Provinsi Kepri.

“Kami sangat berterima kasih kepada ibu Dewi Ansar selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kepri yang telah memberikan kesempatan kepada kami selaku wastra Kabupaten Bintan untuk ikut terlibat langsung dalam acara peringatan harlah Kepri yang ke 20 th ini melalui festival Dekranasda se-Kabupaten/Kota Kepulauan Riau,” pungkasnya.

Tambahnya singkat. “Dengan terlibatnya kami dalam acara tersebut, Batik Bintan semakin d kenal, Semoga Batik Bintan dapat lebih dikenal di daerah Kepri dan bisa go Internasional,” harapnya, Kamis (22/9) melalui chat via WhatsApp.

  • Share