APBD Lingga 2022 Disahkan, Tim Banggar Beri Catatan Penting

  • Share

Lingga, SuaraKepri.com – DPRD bersama Pemkab Lingga sepakat mengesahkan Ranperda Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lingga tahun anggaran 2022, menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar di ruang sidang DPRD Lingga Senin, (22/11/2021), rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Ahmad Nasiruddin didampingi Wakil Ketua DPRD Aziz Martindas dan H Al Ghazali.

banner 336x280

Hadir pula Bupati Lingga Muhammad Nizar, Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Paweloy, Sekda Lingga, Asisten, Forkopimda, Kades, BPD dan tamu undangan.

Sebelum penandatanganan Perda oleh Pimpinan DPRD dan Bupati Lingga, terlebih dahulu disampaikan laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Lingga, yang dibacakan oleh Juru Bicara (Jubir) Raja Muchsin.

Dalam kesempatan tersebut, Raja Muchsin menyampaikan rangkuman hasil pembahasan Badan Anggaran dan TAPD menyangkut RAPBD Kabupaten Lingga tahun anggaran 2022.

“Estimasi RAPBD Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp. 853.502.688.285.00 dengan rincian PAD sebesar Rp. 53.554.473.720 dan Dana Perimbangan Rp. 785.528.007.765. asumsi perkiraan belanja daerah tahun anggaran 2022 tersebut dapat disetujui dan di sepakati untuk menjadi acuan dalam pembahasan RAPBD Tahun Anggaran 2022,” katanya.

Lanjutnya, ada beberapa catatan dari banggar jika RAPBD disetujui oleh dewan. Yakni kedepannya pemerintah daerah melakukan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan wabah Covid-19, yang merupakan komitmen pemerintah pusat.

Kemudian, pergeseran anggaran antar Perangkat Daerah, antar kegiatan dan antar jenis belanja serta program dan kegiatan yang menjadi prioritas untuk mempercepat pencapaian program prioritas.

Selanjutnya, peningkatan pendapatan daerah ditempuh dengan beberapa kebijakan. Diantaranya, memperluas basis penerimaan pajak, memperkuat proses pemungutan dengan mempercepat penyusunan regulasi, meningkatkan pengawasan dengan melakukan pemeriksaan secara insidentil dan berkala.

“Adapun RKPD 2022 meliputi memperkuat pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan, mengembangkan wilayah, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, Retribusi manfaat dan pembangunan berkebudayaan, memperkuat Infrastruktur untuk mendukung perkembangan ekonomi, meningkatkan lingkungan hidup, meningkatkan penanganan bencana dan perubahan iklim serta memperkuat ekstabilitas pelayanan publik,” ucap Jubir Banggar DPRD Lingga.

Sementara itu, Bupati Lingga Muhammad Nizar mengapresiasi DPRD Lingga yang telah bekerja ekstra keras dan penuh dengan ketelitian, baik ketika pembahasan KUPA dan PPAS ditingkat Banggar, hingga mengesahkan APBD tahun 2022 secara bersama-sama.

“Karena saya tahu betul, jumlah program dan kegiatan dan juga sub kegiatan dengan anggaran yang sangat terbatas dan masa yang sangat singkat bukanlah sesuatu hal yang gampang dan mudah, semuanya pasti harus dilakukan dengan komitmen dan kebersamaan yang kuat,” ucap Bupati Lingga.

Dia berharap, dengan berbagai program prioritas pembangunan yang dijabarkan bisa memenuhi pencapaian target kinerja sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022 yang telah ditetapkan bersama.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Tim Banggar DPRD, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten dan seluruh Perangkat Daerah atas koordinasi yang baik terkhusus kepada BPKAD yang begitu cepat menerapkan Sistem SIPD sehingga semua program bisa termuat dengan tepat,” tutupnya. 

Penulis : Febrian S.r

  • Share