banner 728x250

BPS dan Pemprov Kepri Bersinergi Wujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia

  • Share

TANJUNGPINANG, SuaraKepri – Badan Pusat Statistik BPS Provinsi Kepri bersama Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri berkomitmen bersinergi dalam mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Provinsi Kepri Agus Sudibyo dalam Rapat Koordinasi Daerah Satu Data Kependudukan Indonesia Antara Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri dan Dinas Dukcapil se-Kepri Tahun 2021, di Hotel Aston Pelita Batam, Rabu (30/6). 

banner 336x280

Dalam penyampaiannya, Agus mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya rakor ini untuk berkoordinasi menentukan langkah strategis terkait pengelolaan dan sinkronasi data kependudukan di Kepri.

“Dengan bersama-sama menyusun sinkronisasi satu data kependudukan di Provinsi Kepri yang nantinya disampaikan ke publik, agar tidak ada ada tumpang tindih data kependudukan atau duplikasi data,” jelas Agus.

Yangmana, dengan menyusun satu data kependudukan untuk pengembangan statistik hayati di Kepri, yang akan dimulai pada bulan Agustus hingga September mendatang. 

“Kita ingin Satu data Indonesia sebagai amanat Perpres No 39 Tahun 2019 dan juga Perpres No 62 Tahun 2019 Tentang Admimistrasi Kependudukan Untuk Pengembangan Statistik Hayati akan terwujud di Kepri,” tutup Agus Sudibyo.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Lamidi saat membuka Rakor mengatakan pentingnya kesatuan data kependudukan ini untuk menjadi dasar pembangunan Indonesia dan Kepri yang lebih maju dan berkualitas.

“Adanya kasus kesemrawutan data kependudukan tidak lepas dari kesimpangsiuran dalam pengelolaan data itu sendiri. Hal ini berakibat tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, dan  berbagai pihak yang memanfaatkan data kependudukan itu sendiri.,” Ujar Lamidi dalam Rakorda ini mengangkat tema “Bersama Mewujudkan Satu Data Kependudukan Provinsi Kepulauan Riau Melalui Sensus Penduduk 2020”.  

Dikatakan Lamidi, Nantinua pihaknya akan terus berkoordinasi dan juga berkonsolidasi antar semua pihak terkait untuk pengelolaan satu data kependudukan yang dihasilkan antar kabupaten/kota se-Kepri agar bisa melahirkan satu data yang valid. 

“Untuk itu  kami berrerimakasih kepada BPS dan juga Dirjend Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri yang telah melaksanakan sensus penduduk tahun 2020 (SP2020) sebagai langkah awal mewujudkan satu data kependudukan, termasuk satu data  di Kepri,” ujar Lamidi lagi.

Penulis: Asikk2

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *