banner 728x250

Covid-19 Semakin Meningkat, Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

  • Share

Penulis: Raihan Saputra,
Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Tanjungpinang, Kepri

Covid-19 atau yang disebut corona virus bukan nama asing lagi saat ini kita dengar. virus yang berasal dari china tepatnya di kota Wuhan tersebut masuk di Indonesia pada bulan maret 2020. Tidak terasa sudah setahun lebih Indonesia dilanda wabah virus covid-19.

banner 336x280

Virus ini sangat meresahkan masyarakat Indonesia dan menjadi perhatian publik hingga saat ini. Trend kasus positif perharinya menunjukan peningkatan walaupun pemerintah sudah bekerja keras untuk menekannya.

Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan catatan kasus COVID-19 yang terjadi di Tanah Air.

Berdasarkan catatan Satgas terdapat penambahan 5.280 kasus baru COVID-19 di Indonesia perharinya, Minggu (23/5/2021).

Penambahan itu mengakibatkan jumlah total orang yang terpapar COVID-19 di Tanah Air menjadi 1.775.220 kasus.

Kendati jumlah kasus positif bertambah, Satgas COVID-19 melaporkan jumlah pasien yang berhasil sembuh juga bertambah 3.550 orang hari ini. Maka, total kesembuhan sudah mencapai 1.633.045 kasus. Satgas COVID-19 juga melaporkan, sebanyak 123 orang meninggal dunia akibat virus corona hari ini.

Total jumlah orang yang meninggal dunia karena COVID-19 di Indonesia menjadi 49.328 kasus.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pemerintah harus gencar mensosialisasikan 3M, yaitu (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) kepada masyarakat.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait protokol kesehatan mayarakat dalam pencegahan Covid-19 dan menimbulkan kesadaran, kemampuan, kemampuan serta kemauan untuk hidup lebih sehat sebagai upaya mewujudkan juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di masa pandemi.

Pentingnya memakai masker walaupun itu terasa tidak nyaman, perlunya membersihkan diri setelah bepergian sebelum berkumpul dengan keluarga dan menjauhi keramaian supaya tidak merasakan sakit yang teramat sangat seperti yang dialami penderita COVID19.

Apabila tidak ada keperluan yang tidak terlalu penting, ada baiknya kita tetap berada di rumah agar mengurangi penularan dan memutus mata rantai covid-19 di Indonesia. Virus ini bisa dibilang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian pada penderitanya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *