Usaha Bakso Tulang Hingga Makan Gratis Setiap Jum’at

Laporan Thafan dari Kota Baubau

Ada sebuah cerita menarik dari salah satu pengusaha kuliner yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Baubau yaitu pemilik Warung Makan Bakso Tulang dan Ayam Lalapan. Menariknya warung tersebut selalu menawarkan menu gratis setiap hari jumat bagi para pengendara maupun pejalan kaki yang lewat.

banner 336x280

Pemilik warung makan tersebut bernama Bapak Adam, usaha yang dibangunnya saat ini berlokasi di Jalan Dayanu Ikhsanuddin masih tergolong baru karena belum cukup 1 tahun berdiri, sekitar bulan April 2019 tetapi sudah mampu dan berani menyediakan makanan gratis bagi pejalan kaki maupun pengendara bermotor.

Adam saat diwawancarai oleh Thafan

Ide tersebut muncul disebabkan Adam melihat banyaknya saudara – saudara kita yang kurang mampu dengan notaben pekerjaan sebagai pemulung, setiap kali melihat pemulung lewat Adam selalu memanggil mereka untuk mampir dan makan tetapi kebanyakan saudara kita yang notabennya sebagai pemulung tersebut tidak berani mampir bahkan malu disebabkan kondisi mereka pada saat itu.

Oleh karena itulah Adam berpikir untuk mencari solusi yang tepat bagaimana caranya warung makan tersebut dapat membuat semua kalangan bisa santai dengan nyaman menyantap menu makanannya.

Setelah merencanakan ide dan gagasan tersebut istrinyapun menyarankan agar membuat menu makanan gratis setiap hari jumat, ide dan gagasan itupun diterima dan dijalankan oleh Adam pada bulan Oktober 2019 hingga saat ini dengan porsi awal menyediakan sekitar 50 porsi bakso dengan bebas biaya atau gratis.

Seiring berjalannya waktu warung makan pak Adam pun diterima dengan baik, program menu gratis yang dirancang oleh pak Adam setiap bulannya semakin meningkat yang awalnya hanya 50 porsi sekarang Adam mampu menawarkan sekitar 300 porsi menu makanan, makanan yang ditawarkan pak Adam yaitu Nasi Ayam, Nasi Ikan dan Bakso.

Adam berharap dengan adanya program ini warung makan tersebut mampu membantu saudara – saudara kita yang kurang mampu dan kedepannya bisa menambah kuota makanan yang mampu diberikan.

Menurut penuturan dari Adam saat ini pelanggannya yang datang setiap hari jumat bukan hanya saudara saudara kita yang kurang mampu tetapi ada juga para pelajar, para jamaah masjid dan pengendara motor yang lewat juga mampir untuk menikmati menu makanan gratis tersebut.

Hal ini semakin memotivasi pak Adam untuk lebih dapat membantu saudara saudara kita yang memang membutuhkan.

Dan Adam juga menyampaikan pesan kepada para pengusaha kuliner lainnya yaitu “Cintailah pekerjaanmu, yakinlah dengan usahamu dan selalu membantu orang yang membutuhkan”.