Dinas Damkar Lakukan Sosialisasi Penyuluhan Kebakaran Bersama Elemen Masyarakat

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran kepada masyarakat, bertempat di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Kamis (16/6/2022).

Pada acara sosialisasi, turut hadir Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran T.Zainuddin, Sekretaris Dinas Pemadaman Kebakaran Dahen Tawakal, Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma, Kepala Desa Tanjung Belit Joko Margono serta seluruh peserta sosialisasi pencegahan dan penyuluhan kebakaran.

banner 336x280

Dalam arahannya, Johansyah mengajak masyarakat untuk senantiasa waspada dengan yang namanya kebakaran. Serta mempersiapkan sejak dini berbagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kebakaran diwilayah kita. 

Walaupun saat ini diseluruh Kecamatan, termasuk Kecamatan Siak Kecil sendiri, kita telah memiliki UPT Pemadam Kebakaran, yang senantiasa stanby 24 jam guna memberikan pelayanan umum kepada masyarakat dalam bidang penanggulangan kebakaran dan melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran maupun bencana lainnya.

“Namun partisipasi serta sinergi dari masyarakat tentunya sangatlah penting,” ungkap Johansyah.

Dalam penanggulangan kebakaran, kata Johansyah, hal ini meliputi pengurangan resiko kebakaran di setiap tahapan managemen kebakaran, baik pada pra kebakaran, waktu kejadian kebakaran, pasca kebakaran, yang senantiasa mengedepankan tindakan preventif.

Dan tidak akan mampu dilakukan secara parsial oleh petugas kebakaran, akan tetapi butuh sinergi dan kolaborasi serta akselerasi dari semua pihak. Baik itu Polri, TNI serta seluruh elemen masyarakat.

Momentum Sosialisasi ini, kami berharap, kita dapat membekali diri dengan pengetahuan terkait pencegahan dan pemadaman kebakaran, serta penyelamatan jiwa atau evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

“Mengingat, pengetahun yang kita miliki akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, desa dan daerah kita, agar tidak berdampak pada kerugian yang lebih besar,” tegas Staf Ahli Bupati tersebut.

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti tentang langkah serta strategi tata cara pemadaman api maupun langkah penanggulangan kebakaran, kami optimis, kita dapat bersama-sama memperkecil terjadinya bahaya kebakaran di desa dan daerah kita, walaupun saat ini sulit untuk kita meniadakannya sama sekali.

Kami juga berharap, melalui sosialisasi ini, dapat menyadarkan kita semua, bahwa masyarakat sangat berperan penting dalam upaya pencegahan dan bahaya kebakaran, karena kebakaran dapat merugikan kita.

“Oleh karenanya, mari kita buka cakrawala berfikir serta komitmen kita semua untuk tetap setia membantu masyarakat maupun pemerintah dalam pencegahan terjadi kebakaran,” pungkas Johansyah.

  • Share