banner 728x250

Peresmian Pembukaan Kembali Pelabuhan Kijang, Diharapkan Tidak Menjadi Tempat Penginapan

  • Share

Bintan, suarakepri.com – Akhirnya Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang dibuka kembali oleh pemerintah Kabupaten Bintan, Masyarakat sekitar menyambut dengan sangat antusias.

Meski sebelumnya sempat menjadi wacana. Pembukaan kembali pelabuhan Sri Bayintan, pada hari Rabu, 06 Oktober 2021 Resmi dibuka dengan ditandai adanya pemotongan pita dan keberangkatan perdana KM Umsini yang dijadwalkan pada hari ini, Rabu (6/10) pukul 12:00 WIB.

banner 336x280

Peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita, dilakukan oleh salah seorang anggota DPRD Bintan dan Kepala Dinas Perhubungan Bintan.

Hasriawady S.Ip alias Gentong, selaku anggota DPRD Bintan dan Ketua Persaudaraan Pemuda Pemudi Tempatan (Perppat) Bentan mengungkapkan, dengan diresmikannya pembukaan kembali pelabuhan Sri Bayintan Kijang, diharapkan mampu memberikan manfaat dan mendorong perekonomian bagi daerah Kabupaten Bintan.

Oleh karena itu, Ia berharap, agar setiap stakeholder yang berkaitan dengan pelabuhan tersebut, mampu memberikan pelayanan dan fasilitas yang memadai.

Ia juga menghimbau kepada para penumpang, agar dapat bekerjasama dan menaati peraturan yang telah ditentukan dan terus menaati protokol kesehatan agar terciptanya situasi yang kondusif. Mengingat wabah covid-19 belum sepenuhnya usai.

“Penumpang wajib mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh Pelni. Tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan berat barang bawaan memenuhi standar dari Pelni, yaitu 40 kg,” ungkap Gentong.

Kedepannya, ia juga mengharapkan agar, tidak ada lagi yang menjadikan pelabuhan sebagai tempat penginapan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 dipelabuhan, dan juga agar terciptanya penertiban dilokasi.

Ditempat yang sama. Kepala Dinas Perhubungan Bintan, Moh. Insan Amin juga menyatakan rasa syukur yang amat dalam atas dibuka kembalinya pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

Hal ini dikarenakan, pihaknya sangat berharap dan terus memperjuangkan agar pelabuhan tersebut dapat segera dibuka kembali. Namun untuk sampai ketahap ini, pihaknya harus melewati proses panjang dan penuh pertimbangan, mengingat situasi penyebaran wabah virus Covid-19 belum selesai.

Setelah Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, S.E., M.M. menyatakan secara langsung bahwa Kepri sudah ditetapkan sebagai PPKM Level 1. Pihaknya langsung melakukan pertemuan dengan Bupati Bintan, Robby Kurniawan agar dapat mengaktifkan kembali pelabuhan tersebut.

“Alhamdulillah. Setelah audiensi dengan Bupati Bintan. Akhirnya pelabuhan Sri Bayintan Kijang dapat segera dibuka kembali,” ungkap Moh. Insan Amin.

Dibukanya kembali pelabuhan tersebut, juga karena adanya aspirasi masyarakat sekitar, yang terus mempertanyakan dan meminta pelabuhan Sri Bayintan Kijang agar secepatnya dapat dioperasikan kembali.

Ia juga berharap, “Semoga dengan dibukanya kembali pelabuhan Sri Bayintan Kijang. Mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dan mampu mendorong pemasukan kas daerah Bintan,” tutup Moh. Insan Amin.

Yusrizal, selaku General Manager Pelindo Tanjungpinang juga mengungkapkan. Bahwasanya, Pelindo sebagai penyedia atau pengelola terminal penumpang, menyambut baik pembukaan kembali rute nasional Kapal Penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

Ia menjelaskan. Dengan dibukanya rute tersebut, tentunya akan memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar, terutama pedagang dan sektor transportasi.

Disamping itu, pasti berdampak terhadap lalu lintas penumpang orang dari dan ke luar Kepri.

Selain itu, ia juga berharap kepada para pengguna jasa terminal, agar dapat datang ke teminal empat jam sebelum keberangkatan kapal. Supaya tidak terjadi penumpukan atau kerumunan di terminal.

“Sebaiknya para penumpang hadir empat jam sebelum keberangkatan. Namun. Apabila terpaksa harus datang ke Pelabuhan satu hari sebelum kapal tiba. Demi kemanan dan kenyamanan penumpang. kami berharap, calon penumpang bisa memilih tempat penginapan yang ada di Kota Kijang,” himbau Yusrizal.

Turut menghadiri, Kapolres Bintan, Tidar. perwakilan DPRD, Fiven Sumanti, dan Junaidi. Kadishub Provinsi, Agus Djamaludin. serta dari pihak KKP, KSOP, Kapolsek, Danramil, serta Camat Bintan.

  • Share