KNTI dan Grib Jaya GuKi Siap Merangkul dan Bertindak Demi Masyarakat

Bintan, suarakepri.com – Sebagai bentuk upaya dalam memperjuangkan kemerdekaan para Nelayan dan masyarakat Bintan, khususnya wilayah Gunung Kijang (GuKi), Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Bintan dan struktur Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (Grib) Jaya Kabupaten Bintan, menggelar musyawarah pemilihan ketua dan penyusunan struktur kepengurusan di Kecamatan Guki.

Kegiatan dilaksanakan di sekretariat KNTI Kawal Pantai pada hari Jum’at, tanggal 04 Maret 2022, dengan dihadiri langsung oleh Ketua KNTI dan Grib Jaya Bintan, Syukur Hariyanto.

banner 336x280

Syukur Hariyanto alias Buyung Adly menjelaskan, bahwasanya dengan terlaksananya dan terpilihnya ketua beserta kepengurusan KNTI dan Grib Jaya Bintan Kecamatan Gunung Kijang, diharapkan kedepannya dapat membantu masyarakat sekitar.

Untuk saat ini, kepengurusan KNTI sudah terbentuk lima Kecamatan ditingkat Kabupaten Bintan, yaitu Kecamatan Sri Kuala Lobam, Bintan Pesisir, Tambelan, Teluk Bintan, dan GuKi yang baru saja terbentuk kepengurusannya.

Sedangkan untuk Grib Jaya, baru terbentuk di Kecamatan Guki, dimana sebelumnya pada tanggal 23 Februari 2022 telah diberikan mandat secara langsung oleh Grib Jaya Bintan dengan penunjukan David Andriyadi sebagai Ketua.

“Semoga apa yang menjadi kendala masyarakat di Kecamatan Gunung Kijang bisa terjawab saat ini. Maka dari itu, kami menyesuaikan pembentukan kepengurusan dengan menyesuaikan bidang yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat,” ujar Buyung.

Lanjutnya. Adapun bidang yang terbentuk saat ini bertujuan agar dapat membantu dan mendampingi setiap permasalahan yang sedang dialami masyarakat, baik dari sisi kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, sosial, politik, budaya dan agama, media, Koperasi, serta lainnya.

Selain itu, jika ada masyarakat yang membutuhkan dibidang hukum dan hak asasi masyarakat, sudah ada bidang yang mengurus terkait permasalahan tersebut.

“Jadi, dengan terbentuknya bidang kepengurusan saat ini, memang mengacu kepada kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jika ada masyarakat yang ingin menyampaikan keluhannya, mereka dapat mengunjungi dan berkonsultasi dengan orang yang sudah tepat,” ungkap Buyung.

Tambahnya. Sudah saatnya untuk pemerintah daerah membuka peluang dan lebih memperhatikan permasalahan masyarakat, khususnya para Nelayan dengan lebih serius menerima masukan atau aspirasi.

“Melalui pembentukan KNTI dan Grib Jaya, diharapkan kedepannya dapat bersinergi dengan pemerintah setempat. Maka dari itu, pemerintah harus lebih terbuka dengan organisasi tempatan yang juga merupakan perpanjangan lidah pemerintah kepada masyarakat,” tutup Buyung.

Ditempat yang sama. David Andriyadi selaku Ketua KNTI dan Grib Jaya Kecamatan Guki mengucapkan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk dapat membantu masyarakat sekitar, khususnya dalam membantu para Nelayan

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan yang masih mempercayakan saya untuk menahkodai kelompok ini, semoga kedepannya para anggota tetap solid dan komitmen dalam memperjuangkan, merangkul dan bertindak demi masyarakat, terutama para Nelayan,” Ujar David.

David juga mengungkapkan, kedepannya KNTI dan Grib Jaya Kecamatan Guki akan terus bersinergi dengan organisasi masyarakat (Ormas) dan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) setempat.

“Seperti yang diketahui, sampai saat ini permasalahan di tengah masyarakat khususnya para Nelayan masih belum dapat teratasi. Oleh karena itu, butuh peran dan keterlibatan setiap elemen masyarakat, Ormas dan OPD dalam menuntaskan isu dan permasalahan ditengah masyarakat,” tutup David.

Comment