Pariwisata di Kabupaten Lingga Dipromosikan Dispar Kepri Demi Gaet Wisawan Mancanegara

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira.

Lingga, SuaraKepri.com – Kepulauan Riau (Kepri) memiliki begitu banyak keindahan alam yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya adalah wisata alam Pantai Sunset di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Wisata Pantai Sunset banyak dikenal oleh penduduk sekitar karena memiliki keindahan alam dengan panorama matahari tenggelam, laut yang bersih, serta pohon-pohon mangrove.

banner 336x280

Tak heran apabila warga setempat menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata di akhir pekan bersama dengan keluarga dan teman. Bahkan banyak juga pengunjung yang berasal dari luar Pulau Singkep datang ke Pantai Sunset.  

Sementara itu, Kepulauan Riau (Kepri) terus menata sektor pariwisatanya setelah terbebas dari pandemi Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira mengatakan, pihaknya menargetkan satu juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir 2022.

“Angka kunjungan wisman ke Kepri belakangan ini, grafiknya kian membaik. Maka kita optimis bisa mengejar satu juta kunjungan pada tahun ini,” tutur Luki.

Untuk terus mengejar target tersebut, Dinpar Kepri mengajak masyarakat untuk ikut bergerak menjaga fasilitas yang ada di lokasi wisata dengan bantuan pemerintah.

Selain itu, Dinpar Kepri menggelar promosi pariwisata yang lebih tertarget dan sejumlah event berskala internasional.

Ada juga penguatan kerjasama antarnegara, terutama dengan Malaysia dan Singapura.

Luki Zaiman Prawira mengatakan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari-Juli 2022 menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri meningkat hingga 175.000 orang.

“Meningkatnya kunjungan wisatawan di Kepri menjadi peluang besar untuk memperbanyak kedatangan wisatawan ke Kepri. Pemerintah diharapkan juga giat dalam melakukan promosi wisata ke berbagai wilayah, antara lain Singapura dan Malaysia.

“Salah satu cara promosi yang dilakukan adalah dengan mengadakan event Tour De Bintan yang merupakan ajang balapan kelas internasional dan terbesar se-Asia yang akan diselenggarakan pada Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022),” jelas Luki, dirilis Tribun.

Selain itu, lanjut Luki, untuk menarik para wisman dari Malaysia, dalam waktu dekat Gubernur Kepri Ansar Ahmad akan menghadiri acara tourism halal di Johor, Malaysia.

“Kunjungan yang akan dilakukan Gubernur Ansar bertujuan untuk membicarakan kerja sama pariwisata bersama dengan Menteri Pariwisata Singapura,” kata Luki. (*)

Comment