Example floating
Example floating
Suara Kepri

Menkominfo Akan Persoalkan Etika Cyber di IGF 2013

268
×

Menkominfo Akan Persoalkan Etika Cyber di IGF 2013

Sebarkan artikel ini
IGF (Internet Governance Forum)
IGF (Internet Governance Forum)
IGF (Internet Governance Forum)

INDONESIA menjadi tuan rumah penyelenggaraan Internet Governance Forum (IGF) yang kedelapan pada tanggal 22-25 Oktober 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, di tengah-tengah upaya kerja keras Kementerian Kominfo bersama berbagai pihak terkait untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan layanan internet.

Permasalahan yang ada diantaranya kualitas layanan yang kadang flukuatif, kecepatan kualitas internet yang masih belum kompetitif dibandingkan sejumlah negara lainnya dan penerasi yang masih belum sepenuhnya merata.

IGF merupakan forum multistakeholder yang bersifat terbuka dan inklusif yang dibentuk berdasarkan Paragraf 72 Tunis Agenda. Sebelum penyelenggaraan IGF tersebut, Pemerintah Indonesia menyelenggarakan High Level Leaders Meeting (HLLM) pada tanggal 21 Oktober 2013 di tempat yang sama, BNDCC.

HLLM merupakan forum bagi para peserta IGF untuk memahami IGF. Dalam HLLM, Indonesia mengajak para peserta untuk mendiskusikan tema ‘Global Multi-stakeholder Collaboration for Achieving a Safe, Secure, and Tolerant Cyberspace: Enabling Growth and Sustainable Development through Cyber Ethics’.

IGF Bali yang akan dimulai pada tanggal 22 Oktober 2013 akan mengangkat tema ‘Building Bridges – Enhancing Multistakeholder Cooperation for Growth and Sustainable Development’ dengan tujuan untuk memperkuat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam mengatur internet. Acara ini dihadiri sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari berbagai unsur, seperti pemerintahan, sektor privat, organisasi non pemerintahan, komunitas, dan akademisi.

Sesuai dengan jadwal, Menteri Kominfo Tifatul Sembiring akan secara resmi membuka acara HLLM. Dalam sambutannya, menurut recana Menteri Kominfo akan menggarisbawahi tentang pentingnya etika siber (cyber ethics) dalam pengaturan internet secara global.

Penekanan tersebut dilatarbelakangi oleh dampak positif dan sekaligus negatifnya internet. Etika siber merupakan norma-norma dalam dunia siber bagi masyarakat siber dalam melakukan interaksi dan transaksi. Melalui pengembangan etika siber, diharapkan berbagai pemangku kepentingan dapat saling menghargai kepentingan pemangku kepentingan lain dan saling membantu dalam pengelolaan Internet.

[mdk]

Comment