Amanat Rodhial Huda : Peringatan Hari Ibu, Berdayakan Dan Setara Kedudukan Ibu

  • Share

Natuna, SuaraKepri.com – Upacara dalam memperingati hari Ibu pada tanggal 22 Desember tahun 2021 berjalan secara aman dan penuh hikmat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (22/12/2021), di halaman kantor Bupati Natuna, jalan Batu Sisir, Bukit Arai.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda selaku pembina upacara menyampaikan, hari Ibu yang diperingati di setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan terhadap perempuan Indonesia dari masa ke masa.

banner 336x280

“Tanggal ini dipilih untuk menghormati kongres perempuan pertama di Yogyakarta pada tahun 1928. Dan ini merupakan awal bangkitnya perempuan di Indonesia,” ujarnya.

Rodhial Huda juga berharap peringatan hari Ibu yang ke- 93 ini bukan hanya Mother Day, namun bagaimana adanya kesetaraan perempuan dan laki-laki.


“Peringatan hari ibu di Indonesia bukanlah Mother Day, melainkan momentum mendorong perempuan Indonesia menjadi yang berdaya dan setara kedudukannya” tuturnya.


Hingga saat ini telah banyak kemajuan yang didasarkan oleh perempuan namun kesetaraan ideal Yang kita cita-citakan belum sepenuhnya tercapai. Budaya patriarki yang telah mengakar selama bertahun-tahun masih tersisa dalam kehidupan masyarakat .

“Dengan jumlah perempuan yang mengisi hampir setengah dari populasi penduduk Indonesia. Kemajuan perempuan tentu akan menjadi kemajuan bangsa, sehingga perjuangan mencapainya menjadi kewajiban seluruh pihak,” paparnya.

Oleh karenanya baik perempuan maupun laki-laki semuanya, harus terus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan.

“Tentunya kita menyadari bahwa perempuan merupakan tiang negara , pondasi keluarga sebagai pencipta generasi penerus bangsa, tak kira apapun peran perempuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Peran utama dan tanggungjawab di hadapan manusia dan Sang pencipta adalah perannya sebagai seorang Ibu,” jelasnya.

Diakhir amanat Wakil Bupati Natuna menyampaikan sebait kata-kata motivasi. “Hari ini hari Rabu, Rabu Desember tanggal 22, Hari adalah tahun ke- 93. Hari ini adalah hari Ibu, Ibu kalian adalah sumber manusia ke Surga, Namun kalian juga bisa menjadi sumber manusia ke Neraka.”

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh DPRD Natuna, sekretaris daerah kabupaten Natuna, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kabupaten Natuna, asisten dan staf ahli serta pimpinan Organisasi Perempuan kabupaten Natuna. Seluruh pengisi acara tersebut diisi oleh kaum perempuan, Neli Aguspina selaku pemimpin Upacara.

Penulis : Nuzur

  • Share