by

Forum Keselamatan Dan Keamanan Laut di Natuna Mulai Dibetuk

Penulis : -Natuna-42 views

NATUNA – Badan Keamanan Laut, Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama melaksanakan rapat koordinasi pembentukan forum komunikasi keamanan dan keselamatan laut di Kabupaten Natuna, di Ruang rapat kantor Bupati Kabupaten Natuna, Rabu (25/10).

Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri, Kolonel Kav. M. Irawadi, SE mengatakan Indonesia merupakan negara yang besar di ASEAN, sehingga ancaman keamanan dilaut terus meningkat.

Ancaman keamanan laut yang dimaksud antara lain, banyaknya kecelakaan dilaut yang disebabkan cuaca yang buruk dan ancamanan berikutnya banyak pelanggaran perbatasan kedaulatan negara.

Menurut Irawadi, ancaman pelanggaran perbatasan kedaulatan negara ini selalu terjadi, melihat Indonesia merupakan pasar bebas yang terbesar di negara Asean. Sehingga banyaknya negara – negara Asean lainnya masuk ke negara Indonesia tanpa paspor atau Visa.

“Tantangan seperti ini yang perlu kita tingkatkan dalam pengawasan untuk menjaga keamanan dilaut agar tidak terjadi komplik pelanggaran kedaulatan dilaut,” kata Irawadi.

“Nanti kita akan mengirimkan surat kepada Bupati Natuna untuk membahaskan tentang larangan menggunakan kompresor oleh nelayan. Serta laranggan kapal lengkong melakukan penangkapan ikan melewati 20/mil lepas pantai,”jelasnya.

Kita berharap keamanan dilaut Indonesia bisa terjamin dan bebas dari segala kejahatan. Khususnya dilaut Natuna yang banyak memiliki kekayaan.

Sementara Sekda Natuna, Wan Siswandi menjelaskan tentang profil Kabupaten Natuna sampai dengan kebijakan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah.

Dikatakan Siswandi, Natuna sangat membutuhkan pengamanan dari Bakamla, TNI dan Polri. Melihat kekayaan potensi yang dimiliki Natuna sangat luar biasa baik dilaut maupun didarat. Sehingga kita memerlukan pengawasan dari pihak – pihak yang terkait.

“Daerah Natuna memiliki kekayaan potensi dilaut luar biasa, salah satunya potensi minyak bumi yang diprediksikan sekitar 2 Triliun,”ucapnya.

“Keamanan dilaut merupakan keinginan kita bersama,”tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Kabid Ops Kantor Kamla Zona Maritim Barat Kolonel Laut (P) Eko Wahjono, Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah Akhmad Firdaus, Kasi Kerja Sama Non Pemerintah Ariana Listyawati, Staf Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah Ari Suprihatin, Kejaksaan, OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Natuna dan FKPD Natuna. (Imam)

[sk]

Comment

Berita Lainnya