banner 728x250

Pusat Teknologi Informasi BP Batam, Data Centre Natuna Aman dan Terjamin

  • Share

NATUNA – Dalam implementasi rencana aksi pemerintah Kabupaten Natuna dalam upaya pencegahan korupsi terintegrasi berbasis sistem informasi, seluruh OPD berkewajiban memiliki Website dan akun Facebook resmi.

Hal ini membuat dinas komunikasi dan informasi (Diskominfo) Natuna yang bertugas melayani penyelengaran domain natunakab.go.id terus melakukan pembenahan dalam optimalisasi server web natunakab.go.id.

banner 336x280

Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika, sebelum mengikuti kegiatan evaluasi sertifikasi Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penelitian dan pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, saat berkunjung ke Pusat Teknologi Informasi (PTI) BP Batam, pada Rabu (15/11), di Batam Centre.

Dikatakan Raja Darmuka, PTI BP Batam merupakan pusat data (DC) yg tepat utk menyimpan data secara aman dan terjamin, selain itu merupakan tempat pelatihan bidang TIK.

“Diskominfo Natuna sampai saat ini, masih memanfaatkan layanan data center dari pihak swasta dan rencana kedepan sebelum memiliki DC sendiri, akan menggunakan DC yang disediakan oleh pemerintah melalui BP Batam,” kata Raja Darmika melalui telp seluler, Minggu (19/11).

Masih kata Raja Darmika, dari sisi keamanan data dan posisi Batam yang sangat strategis, bukan rawan gempa serta ada khusus harga pemerintah. Menurut Raja, ini yang membuat diskominfo Natuna akan menggunakan layanan dari BP Batam.

Selain itu, adanya Fasilitas Training Centre juga diperlukan diskominfo Natuna dalam menyiapkan aparatur bidang TIK kedepannya.

“Pemerintah Natuna saat ini setahu kami hanya memiliki 3 buah server, yaitu server web dan domain yang dikelola oleh diskominfo Natuna, server Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Natuna yang dikelola bagian layanan pengadaan Setda Kabupaten Natuna dan yang ke tiga server SIKD yang dikelola oleh BPKPAD Natuna. Untuk kedepannya mungkin ada server dari kependudukan, kepegawaian dan sever untuk perizinan,” jelasnya.

Harapan Raja, semua server milik Pemerintah Kabupaten Natuna akan disatu tempatkan di BP Batam. Agar lebih mudahkan dalam pengelolaan dan pembiayaannya.

“Nanti cukup ke BP Batam saja kita, jelas aman dan terjamin. DC Batam saja ada data penting yang disimpan di sini, rahasianya pun akan terjamin,” harapan Raja.

“Dalam waktu dekat kami akan mengundang LPSE, BPKPAD, Dinas Perizinan dan Dinas Kependudukan serta mengajak Tim Percepatan Implementasi E Govermance lainnya ke DC BP Batam,” ungkapnya.(Imam)

[sk]

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *