AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Kapolres Rasa ‘Super Hero’

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Sosok Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kota Gurindam. Bhayangkara dengan pangkat melati dua ini sering tampil ibarat ‘Super Hero’ bagi masyarakat Tanjungpinang.

Mantan Kapolres Kabupaten Lingga ini, sudah berkali-kali turun langsung ketika masyarakat sangat membutuhkan bantuan atau terjadinya keresahan.

banner 336x280

Berdasarkan pengalaman yang ada, ketika cuaca di Kepri khususnya Tanjungpinang mendung, hujan dengan instensitas sedang hingga lebat sering turun disertai angin kencang.

Kala itulah Tanjungpinang sering menjadi langganan Banjir, sehingga keresahan acap kali muncul ditengah masyarakat.

Disinilah, sosok Ucok, sapaan akrabnya, merasa terpanggil untuk memberikan satu bentuk kepedulian dan jiwa pengayomnya.

Langganan Banjir di Tanjungpinang adalah dikawasan Batu 7 tepatnya samping SPBU, merupakan kejadian yang sangat dirasakan dengan kehadiran Ucok.

Dalam hitungan menit, hujan yang mengguyur kota Tanjungpinang, kawasan jalan Di Panjaitan ini berubah menjadi genangan air yang cukup dalam.

Sejumlah ruko dan rumah di wilayah tersebut terendam hingga 50 Centimeter. Ternyata penyebabnya adalah tidak ada parit atau drainase yang memadai.

Saat mengatasi banjir di KM. 7, hingga air menyusut di pemukiman warga. F. Ist

Kemudian kawasan ini juga berada di titik rendah dari wilayah yang berbentuk cekungan. Warga selama ini memilih jalur pintas dengan berbelok arah ke gang sebelum SPBU.

Pada saat itulah, Ucok melalui pemikiran dan kemampuan memcoba mengurai titik banjir tersebut.

Tidak mau hanya memegang tongkat komando, bahkan Ucok rela turun langsung, menelusuri genangan air hingga berbasah-basahan.

Ucok bersama-sama anggota Bhayangkara dibawah komandonya, akhirnya membuat drainase alternatif sementara, untuk membelokan arah air agar tidak mengarah ke pemukiman warga.

Kapolres tak sungkan mengangkat cangkul untuk membuat saluran air sementara untuk memecahkan genangan air agar dapat mengalir lancar.

Ucok kala itu, ia menegaskan bahwa aksi kepeduliannya ini semata-mata untuk mencegah terjadinya gangguan lalu lintas saja.

Menurutnya, air yang tergenang di jalan itu merupakan potensi gangguan. Baik itu gangguan yang menimbulkan kecelakaan lalu lintas, maupun kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas).

Bersama anggotanya, saat membersihkan drainase di Jalan Suka Berenang belum lama ini.

“Curas bisa terjadi jika pelaku memanfaatkan pengguna jalan melambat karena jalan tergenang air. Jika air tergenang lama dibiarkan, maka potensi menjadi gangguan akan semakin besar,” ungkapnya, dimana kejadian itu berlangsung pada bulan November 2018.

Namun pada saat ia turun itu, sambung Ucok, dirinya tidak sendirian. Di situ ada juga tokoh masyarakat, Ketua LAM Tanjungpinang, Kadis PUPR Provinsi Kepri dan BPBD Kota Tanjungpinang.

“Jadi sekalian bersama membuat parit-parit pembuangan air. Memang itu kemauan saya sendiri dilandasi pengetahuan tentang itu (kondisi jalan tergenang air merupakan potensi gangguan) dan rasa kemanusiaan saja,” imbuhnya.

Meski dinilai sebagai bentuk ‘pencitraan’ yang sempat isu berkembang dari penilaian Pemerintah Daerah (Pemda), Perwira menengah (Pamen) Polri ini hanya menjawab, bahwa hal tersebut tidak perlu diperpanjang lagi.

Beberapa titik lokasi genangan air atau banjir juga terjadi di lokasi dan waktu yang berbeda, sosok Ucok turut terlihat bersama anggotanya untuk turun mengatasi.

Permasalahan lain bagi masyarakat terhadap peran Ucok yang dirasakan adalah keberadaan Diskotik Milenium sempat meresahkan.

Saat ikut turun berlumpur dan berbasah kuyup mencari bocah yang terjatuh dan terseret derasnya arus air.

Warga sekitar yang merasa terganggu aktivitas diskotik yang berlokasi di Jalan MT. Haryono, samping SPBU Batu 3.

Ucok pun langsung memanggil pihak pengelola dan memerintahkan anggotanya untuk turun langsung meninjau serta mengecek lokasi.

Tidak mau hanya memegang tongkat komando saja, Ucok pun turut memegang sekop untuk atasi banjir. F. Ist

Akhirnya, pihak pengelola bersedia untuk melaksanakan tuntutan warga dengan pengawasan pihak Kepolisian Resort (Polres) Tanjungpinang.

“Terima kasih Kapolres, selamat HUT (Hari Ulang Tahun) Bhayangkara ke-73 ‘super hero’ kami,” ungkap Andi, warga yang bermukim di belakang Diskotik Milennium.

Penulis : Mori Guspian



Comment