by

Plt. Wali Kota Rahma Survei Kepatuhan Masyarakat Memakai Masker

Penulis : -Tanjungpinang-74 views
Banner Pamko

Tanjungpinang – Disela meninjau stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Baru Tanjungpinang, Minggu (10/5/202).

Plt. Wali Kota Tanjungpinang Rahma juga mengecek langsung kepatuhan masyarakat terhadap imbauan pemerintah terkait penggunaan masker saat beraktivitas di lura rumah.

Rahma kemudian menyusuri pasar sembari membagikan masker dan handsanitizer kepada para pedagang dan warga yang berbelanja.

Mendapati para pedagang dan pengunjung pasar tidak memakai masker. Rahma pun memberikan masker dan mengingatkan mereka untuk dikenakan setiap kegiatan di luar rumah.

“Selain memantau harga, kami juga survei langsung sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat terhadap imbauan pemerintah, utamanya disiplin memakai masker jika keluar rumah,” ucap Rahma

Menurut Rahma, disiplin menggunakan masker itu penting. Sebab, tidak menutup kemungkinan orang-orang yang ada di kerumunan itu ada yang ODP dan PDP.

Untuk itu, masyarakat harus diberi pemahaman secara maksimal mengenai manfaat memakai masker. Jadi, bukan hanya takut kepada aparat atau orang tertentu, tapi memang lahir atas kesadaran diri sendiri untuk bisa memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kita imbau mereka betapa pentingnya memakai masker. Jadi, tolong jaga diri sendiri dan orang lain,” pungkas Rahma.

Saat mendatangi para pedagang, Rahma juga sempat berdialog dengan mereka. Ia menanyakan apakah sudah menerima bantuan dari pemko.

“Ibu sudah terima sembako apa belum. Kalau belum, segera lapor ke RT atau kelurahan. Nanti didata, InsyAllah Senin besok kita kembali salurkan bantuan untuk masyarakat,” pesan Rahma kepada salah satu pedagang.

Sementara itu, salah satu warga yang sedang berbelanja di pasar, Mona mengatakan alasannya tidak memakai masker, karena lupa,”Ya pak, tadi saya mau cepat ke pasar, jadi tidak sempat memakai masker,” jawabnya ketika ditanya.

Meski ada warga yang memakai masker, salah satu warga mengaku senang diberi masker gratis,”Lumayan buat gonta-ganti kalau keluar rumah,” ucapnya sambil berjalan.

Saat mengunjungi pasar baru, Rahma didampingi Sekretaris Daerah, Teguh Ahmad Syafari, Kepala Dinas Perhubungan, Bambang Hartanto, Kepala BPBD, Dedi Syufri Yusja, Kasatpol PP, Hantony, Kabag Perekonomian dan SDA, Nopirman Syahputra, dan Dirut BUMD, Fahmi. (Diskominfo)

Comment

Berita Lainnya