Bisnis  

Simak Macam-macam Pul Sepatu Bola yang Awet

Photo by Alex on Unsplash

Sebagai salah satu cabang olahraga yang punya basis penggemar luas, tidak mengherankan jika sepak bola banyak ditonon dan bahkan dijadikan sebagai jenis olahraga favorit oleh beberapa kalangan.
Sepatu yang digunakan dalam permainan atau pertandingan olahraga sendiri adalah sepatu khusus yang di bagian bawahnya dilengkapi dengan stud atau pul yang disesuaikan dengan jenis lapangan sepak bola yang menjadi medan bertanding.


Macam-macam Pul pada Sepatu Bola
Agar pul atau stud di bagian bawah sepatu Anda awet dalam waktu yang lama, gunakan jenis sepatu yang dilengkapi pulnya tersebut di area lapangan yang sesuai!

  1. Pul untuk Lapangan Soft Ground
    Sesuai dengan namanya, pul atau studs pada sol bagian bawah sepatu digunakan oleh pemain bola di lahan lapangan soft ground atau di lapangan yang empuk dan lapangan yang tanahnya lembek setelah disiram hujan atau akibat embun.
    Pul pada sepatu jenis ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, yakni pul bagian depan yang jumlahnya 4 buah dan pul bagian belakang yang jumlahnya 2 buah sehingga total keseluruhan pul pada sol bagian bawah adalah 6 buah.
    Jumlah pul bagian bawah tersebut membuat sepatu jenis ini juga dijuluki dengan nama sepatu pul enam. Pul untuk sol bagian bawah soft ground biasanya berbahan dasar dari besi ringan atau aluminium, sedangkan bagian outsole atau sol bagian luarnya terbuat dari plastik.
  2. Pul untuk Lapangan Firm Ground
    Pul ini adalah untuk jenis sol sepatu yang digunakan di lapangan berlahan firm ground, atau tanah yang tingkat kekerasannya menengah atau sedang, dalam permainan maupun pertandingan sepak bola. Hal ini cukup wajar mengingat pul jenis ini dianggap paling cocok dipakai di berbagai kondisi rumput di lapangan.
    Pul dari sepatu dengan sol yang digunakan untuk bermain di lahan lapangan berjenis firm ground biasanya memiliki jumlah yang lebih banyak pada solnya, yakni 10. hingga 13 buah yang terbagi menjadi pul di bagian depan sebanyak 4 buah dan pul di bagian bawah sebanyak 6 atau 9 buah. Selain lebih banyak, pul yang ada juga jauh lebih merata. Bahan dasar pul yang digunakan juga berasal dari material plastik.
  3. Pul untuk Lapangan Hard Ground
    Untuk sepatu yang digunakan pada medan berjenis hard ground, biasanya dikenakan oleh pemain sepak bola yang bertanding pada lapangan atau medan yang kering dan keras. Sol bagian luar atau outsole biasanya terbuat dari material dasar karet atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan rubber.
    Jumlah pul yang terdapat pada bagian telapak kaki atau sol bagian bawah lumayan banyak, yakni 4 buah di bagian belakang dan 11 buah di bagan depan sol bagian bawah sehingga total keseluruhan pul bisa mencapai 15 buah.
  4. Pul untuk Lapangan Artificial Grass
    Sepatu yang digunakan untuk bermain di lapangan yang lahannya dilapisi artificial grass atau rumput sintetis biasanya terbuat dari material dasar plastik. Sepatu dengan pul jenis ini juga mulai banyak dicari oleh konsumen mengingat lapangan jenis artificial grass mulai banyak muncul di sekitar kita.
    Pul yang berbeda sesuai dengan jenis lapangan ini membuat banyaknya variasi sepatu bola yang dijual di pasaran. Anda bisa memperoleh sepatu dengan berbagai jenis pul di atas di gerai sepatu konvensional atau dengan berkunjung ke online merchant yang telah bekerja sama dengan e-commerce terpercaya di Indonesia seperti Blibli.
    Di Blibli, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas orisinal dan dengan rentang harga yang bersaing dengan gerai konvensional. Anda juga bisa menikmati penawaran menguntungkan seperti banyaknya promo potongan harga, kupon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman paket yang super cepat dan bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan belanja Anda.

Comment