Nyatakan Siap Untuk Nyapres, Ganjar Diminta Klarifikasi Oleh PDI Perjuangan

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Rapat Koordinasi Kepala Daerah PDIP Sekolah Partai PDIP, Kamis, 22 September 2022.Sumber: Dokumentasi PDIP

Jakarta – Politikus Ganjar Pranowo dipanggil oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk dimintai klarifikasi imbas dari pernyataannya siap nyapres. Dalam surat pemanggilan Ganjar yang beredar, ia diwajibkan hadir pukul 16.00 WIB hari ini di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

Warkat ini diterbitkan pada Jumat, 21 Oktober 2022. Adapun Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, serta Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP, Komarudin Watubun, nampak meneken surat tersebut.

banner 336x280

Agenda yang termaktub dalam surat adalah klarifikasi. Kendati demikian, tidak ada keterangan lebih lanjut soal hal yang perlu diklarifikasi oleh Ganjar.

Tempo telah berupaya mengkonfirmasi surat pemanggilan Ganjar tersebut kepada Hasto. Namun, hingga berita ini ditulis, dia tidak bersahut. Adapun Komarudin, setali tiga uang.

Sebelumnya, PDIP berencana meminta klarifikasi kepada Ganjar atas pernyataannya siap nyapres. Hasto mengatakan upaya klarifikasi ini akan dilakukan oleh Komarudin Watubun selaku Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP.

Hasto menegaskan bahwa PDIP belum mengumumkan Capres maupun Cawapres yang bakal diusung di Pilpres 2024. Dia menyebut kewenangan menentukan pasangan yang dijagokan dalam Pilpres 2024 ada di tangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

“Masalah Capres ya belum dilakukan pengumuman oleh Bu Mega. Ya kita tunggu saja momentumnya, Pak Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya,” kata Hasto di GBK Arena, Jakarta Pusat, Minggu, 23 Oktober 2022.

Selain Ganjar, PDIP juga bakal memanggil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy. Hasto mengatakan Rudy bakal dimintai klarifikasi atas pernyataannya yang mendukung Ganjar sebagai Capres 2024.

“Ya kami akan lakukan klarifikasi, kami akan undang juga Pak Rudy karena disiplin partai harus ditegakkan,” kata Hasto saat dilansir dari Tempo.

Comment