banner 728x250

Periksa Mata Pakai Kamera iPhone 13 Pro Max, Kok Bisa ?

  • Share
Dokter Mata, Tommy Korn, di Amerika Serikat menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya

SuaraKepri.com – iPhone 13 Pro Max yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya menghadirkan mode pemotretan macro di jajaran smartphone Apple.

Mode untuk memotret aneka obyek dari jarak sangat dekat ini ternyata bukan hanya berguna untuk memotret mainan atau serangga saja. Seorang dokter mata di Amerika Serikat, Tommy Korn, memanfaatkan foto macro iPhone 13 Pro Max untuk memeriksa kondisi mata pasien.

banner 336x280

Korn praktek di Rumah Sakit Sharp HealthCare, San Diego, California, AS. Pengalamannya menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya, ia bagikan melalui sebuah posting yang diunggah di akun LinkedIn pribadinya.

Dengan fitur kamera macro di iPhone 13 Pro Max, Korn mengatakan bahwa detail kedua mata pasien bisa terlihat jelas lantaran kualitas foto yang dihasilkan lumayan tajam.

Seperti gambar di bawah ini misalnya. Kedua hasil foto menunjukkan perubahan kondisi mata pasien yang sedang menjalani transplantasi kornea.

Dokter Mata, Tommy Korn di Amerika Serikat menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya(Times Now News)

Transplantasi kornea merupakan pembedahan pada mata untuk mengganti kornea yang rusak atau tidak berfungsi dengan kornea baru dari donor.

Korn juga menjelaskan bahwa tujuan utama menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max ini agar ia lebih mudah dalam mendokumentasikan kondisi mata pasiennya.

“Saya menggunakan kamera ini (iPhone 13 Pro Max) untuk mendokumentasikan foto pasien dan melampirkannya ke catatan pribadi saya,” kata Tommy dalam sebuah pernyataan.

Hasil foto mata yang diambil oleh Korn juga akan dibagikan kepada pasien yang bersangkutan, guna memudahkan mereka apabila ingin berobat ke dokter lainnya.

Dia sempat dikritik karena memakai ponsel untuk memotret mata pasien, alih-alih kamera digital macam DSLR dengan lensa macro.

Dokter Mata, Tommy Korn, di Amerika Serikat menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya(Times Now News)

Namun, Korn yang mengaku dulu pernah menggunakan DSLR mengatakan bahwa iPhone bukan pengganti alat lain atau pemeriksaan yang lebih mendalam, melainkan sebagai perangkat awal yang mudah digunakan sekaligus bisa memberikan informasi yang diperlukan.

“Saya memakainya (iPhone 13 Pro Max) untuk dokumentasi. Cukup untuk mengetahui apakah (kondisi pasien) serius atau tidak,” ujarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (8/10/2021).

Karena gampang untuk digunakan, menurut Korn, iPhone 13 Pro bakal mempermudah dokter-dokter mata dalam mengambil foto untuk melengkapi catatan tentang pasien.

Ditambah lagi, lanjutnya, pasien sendiri juga bisa menggunakan ponsel tersebut untuk memotret matanya di rumah, serta mengadakan telekonferensi dengan dokter dalam rangka pemeriksaan jarak jauh.

“Dengan begitu, saya bisa memanggil orang yang butuh pemeriksaan langsung. Sementara mereka yang kasusnya tidak urgent tetap mendapatkan konsultasi dari rumah,” pungkas Korn.

Kemampuan macro di iPhone 13 Pro Max sendiri diperoleh lewat kamera ultra wide yang sanggup memotret dari jarak hanya 2 cm, dengan bidang pandang selebar 120 derajat.

Sumber : Kompas.com

  • Share