by

Pemerintah Kabupaten Bengkalis Mengapresiasi Kegiatan TMMD ke-108 Tahun 2020

Penulis : -Advertorial, Bengkalis-60 views

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Hampir satu bulan penuh pasca dibuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 wilayah Kodim 0303 Bengkalis yang telah dilaksanakan di Kecamatan dan beberapa desa di Kabupaten Bengkalis telah berakhir, Selasa (25/8/2020).

Peninjauan dan Pengecekan ke lokasi TMMD ke-108 Kodim 0303/Bengkalis di Desa Temiang Kabupaten Bengkalis Pembuatan Semenisasi Jalan Menuju Perkebunan Masyarakat Setempat

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami, HY,
didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Bapak. H Heri Indra Putra, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis Bapak Gendraya Rohaini, ST, M.Si, Forkopimda, Kepala OPD, dan para undangan lainnya.

Bupati Plh. Bupati Bengkalis menyampaikan rasas ucapan terima kasih yang mendalam kepada jajaran TNI dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan TMMD ke -108 tahun 2020 di Bengkalis.

“Kepada masyarakat juga diharapkan dapat memelihara dan merawat serta
meningkatkan kualitas setiap sasaran kegiatan, sehingga sarana prasarana tersebut dinikmati dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita dikemudian hari hendaknya,” kata Plh. Bupati Bengkalis.

Sebelumnya, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay dalam laporannya menyampaikan, TMMD 108 tahun 2020 ini bertujuan disamping memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat, juga untuk turut membantu Pemda Bengkalis dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

“TMMD yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis mempunyai berbagai sasaran,
seperti pembukaan jalan baru, pengerasan jalan dengan lebar 6 meter dengan biaya
bersumber dari dana APBD Kabupaten Bengkalis. Penyuluhan tentang Covid-19,
sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan sampai ke penyuluhan pertanian dan
perikanan,” terang Dandim.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis Bapak Gendraya Rohaini, ST, M.Si

Sedangkan untuk jadwal kegiatan, tambah Dandim, TMMD ke-108 persiapan sudah
dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai 29 Juni 2020 dan untuk pelaksanaannya dimulai 30 Juni sampai 29 Juli 2020 bulan yang lalu.

“Dalam TMMD ke-108 ini melibatkan 150 orang personil satgas, 25 orang penyuluh
dari OPD dan 50 orang masyarakat per hari, alhamdulillah seluruh kegiatan telah
dilaksanakan 100 persen,” tukasnya.

Dikesempatan ini juga, Kepala Dinas Perumahan dan permukiman pertanahan
Kabupaten Bengkalis menuturkan, pada tahun ini pelaksanaan TMMD ke-108 tahun
2020 Pelaksanaan ini merupakan wujud pengabdian kita kepada masyarakat.

“Dan TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, dengan tujuan untuk membantu mempercepat
pembangunan didaerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat, dengan hasil
dapat langsung dirasakan oleh masyarakat setempat yang dilakukan secara bergotong-royong,” Kata Bapak Gendraya Rohaini, ST, M.Si, Selasa (25/8/2020).

“Untuk itu, saya sangat berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan
memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun dan teruskan semangat
gotong-royong yang merupakan warisan asli bangsa. Saya sampaikan permohonan
maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat apabila ada perbuatan dan kata-kata selama melakukan kegiatan di lokasi,” sapa beliau yang sering disebut Pak Gen.

Seluruh keberhasilan pembangunan fisik dan nonfisik melalui program TMMD ke-108 tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari pemerintah daerah, instansi kementerian terkait, seluruh komponen masyarakat serta jajaran TNI-Polri.

“Selama satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-108 ini dibuka, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras. Kita patut bersyukur ditengah pandemi Covid-19 kegiatan ini bisa diselesaikan dengan
baik, tepat waktu, dan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan,” ujar beliau.

Lebih lanjut, momentum kegiatan TMMD ke-108 hendaknya dijadikan sebagai
pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi masyarakat. Sebab menurutnya, apa yang terbaik untuk rakyat itu juga yang terbaik untuk TNI. Hal itu selaras dengan tema yang diangkat pada pelaksanaan TMMD ke-108 yaitu, TMMD Pengabdian untuk Negeri.

“Peliharalah hasil-hasil program TMMD ke-108 ini dengan sebaik-baiknya. Agar
manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu cukup lama,” pesan Bapak Gendraya Rohaini disela-sela kesibukannya sebagai Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis, beliau turut mengapresiasi jajaran Kodim 0303 Bengkalis yang telah menyelesaikan kegiatan TMMD ditengah situasi
negeri dilanda wabah virus Corona atau Covid-19.

“Saya mengapresiasi, karena TNI sudah ikut membantu pemerintah daerah dalam
pembangunan. Mudah-mudahan kerjasama dengan TNI ini terus berlanjut. Karena masih banyak daerah-daerah yang perlu sentuhan pembangunan.

Selanjutnya beliau berharap, hasil pembangunan TMMD dapat dijaga dan dirawat dengan baik dan berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, serta TNI-Polri untuk terus menamakan jiwa kebersamaan dan gotong royong untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

“Sekali lagi saya sampaikan terima kasih sedalam-dalamnya, dengan terbukanya
akses jalan ini bisa membantu roda perekonomian masyarakat di pedesaan, dengan semangat gotong royong bakti sosial serta menunjukkan TNI ini benar-benar hadir ditengah masyarakat,” tutupnya. (Advertorial)

Penulis : Sofyan

Comment

Berita Lainnya