by

Gedung Cik Puan Jadi Saksi Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2020

Penulis : -Bengkalis-247 views

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bengkalis menggelar Debat Publik atau debat kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Gedung Cik Puan, Jalan Hang Tuah Bengkalis, Minggu malam, (22/11/ 2020).

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bengkalis, H. Syahrial Abdi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para paslon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis yang telah hadir.

Begitu pula kepada pihak pengamanan dari TNI dan Polri serta KPUD Bengkalis yang telah melaksanakan acara tersebut.

“Mari bersama kita doakan semoga tahapan pilkada yang dilaksanakan pada malam ini mendapat berkah serta ridho dari Allah SWT, Tuhan yang kuasa,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua KPUD Kabupaten Bengkalis Fadhillah Almausuly mengatakan dalam sambutannya bahwa debat publik tersebut diselenggarakan dengan tidak disaksikan langsung oleh tim sukses maupun pendukung dari masing-masing paslon.

“Acara debat ini dilaksanakan secara terbatas untuk menghindari kerumunan karena masih pandemi Covid-19. Maka dari itu, protokol kesehatan harus tetap dikedepankan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa debat publik paslon tersebut merupakan bagian dari jadwal kampanye, dengan harapan dapat menjadi wadah penyampaian visi-misi serta mendongkrak performa masing-masing paslon.

“Acara debat publik paslon ini dilaksanakan agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui visi dan misi dari masing-masing paslon,” terangnya.

Setelah itu, dalam penyampaiannya calon Nomor Urut 1, Kaderismanto – Iyeth Bustami (KDI) saat itu langsung visi mereka. “Bengkalis Maju Bermartabat Agamis dan Berbudaya dan Sejahterah,” kata Kaderismanto dalam penyampaian visinya malam kemarin.

Sedangkan misi, Mewah Maju Ekonominya warganya. Yang terpenting itu, program Bengkalis satu data. Adalah rangkuman dari hasil evaluasi beberapa tahun kami kemudian satukan dalam satu program Bengkalis satu data untuk memperpendek kendali birokrasi dan membangun komunikasi baru antara masyarakat dengan pemimpinnya,” jelas Kaderismanto.

Kemudian, program kartu dana insentif KDI Bengkalis sehat.

Setara dengan BPJS Kesehatan. Kartu Dana Insentif pintar,  beasiswa pendidikan dan beasiswa unggulan. Kartu Dana Insentif Sejahtera bantuan pangan dan penanganan Covid-19. Terpenting, penuntasan jalan poros antar desa dan Kecamatan yang bersinergi dengan jalan provinsi dan nasiobal.

“Meningkatkan alokasi dana desa dari sepuluh persen menjadi dua belas persen. Membangun perumahan rakyat yang punya tanah maupun yang tidak punya tanah,” jelasnya.

Selanjutnya, percepatan infrastruktur desa. Sertifikas keterampilan bagi pencari kerja melalui balai pencari kerja. Penanganan abrasi,  kebakaran hutan dan lahan dengan bersinergi dengan kepentingan badan usaha milik desa. Penanganan narkoba akan membangun rehabilitasi di Kabupaten Bengkalis.

“Memberikan insentif bagi guru ngaji, imam mesjid, penjaga masjid hafiz Alquran,” jelasnya.

Paslon nomor urut 2 Abi Bahrun dan Herman dengan Visi “Menjadikan Kabupaten Bengkalis Negeri Melayu yang Hebat, Bermarwah, Bermartabat dan Berdaya Saing.

“Untuk mencapai ini visi ini ada beberapa misi mensejahterakan masyarakat dan memastikan Kabupaten Bengkalis negeri yang aman. Program Amankan pemerintahan, menjadikan pemerintahan yang bersih tidak ada korupsi,” ucap Abi Bahrun.

Selanjutnya, Amankan Pendidikan dengan beasiswa S1 gratis di kabupaten Bengkalis. Amankan kesehatan dengan memberikan pelayanan gratis di rumah sakit kepada masyarakat Bengkalis yang tidak mampu membayar bpjs kesehatan.

“Amankan lapangan pekerjaan dengan membangun perusahaan daerah yang bisa menampung 20 ribu lapangan pekerjaan,” jelas Abi Bahrun kemarin.

Sedangkan Paslon nomor urut 3, Kasmarni-Bagus Santoso menyampaikan Visi, Terwujudnya kabupaten Bengkalis Bermarwah maju dan sejahtera. Misi yang dilakukan pengelolaan keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber manusia yang efektif.

“Mengwujudkan reformasi birokrasi dan penguatan nilai nilai agama dipemerintahan,” jelas Kasmarni kemarin.

“Terpenting pengelolaan insfratruktur yang berkualitas,” lanjutnya.

Sedangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis urutan 4, Indra Gunawan Eet-Samsu Dalemunte. Visi Memakmurkan Kabupaten Bengkalis dengan menjadikan negeri maju adil dan terbilang madiri amanah dan Berbudaya. Misi menuntaskan jalan poros baik kepulauan maupun daratan. Meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan.

“Meningkat gaji honorer sesuai upah minimum Riau. Mengedepankan birokrasi bersih. Menaikkan statu perguruan tinggi yang ada di Bengkalis, serta politekni di kota Duri,” kata Indra Gunawan sering dipanggil Engah kemarin.

Dari empat Paslon yang tampil dengan energik tersebut. Paslon paling tenang menjawab dan memanfaatkan waktu debat publik adalah Paslon Kaderismanto-Iyeth Bustami.

Kepada seluruh masyarakat kabupaten Bengkalis dan untuk paslon nomor urut 2,3 dan 4 mari bersatu kompak mendukung KDI Nomor 1 agar Bengkalis Mewah, Maju Ekonomi Warganya Agamis dan Harmonis,” sebut aktris kelahiran Bengkalis ini.

Bahkan Iyeth Bustami tampil lepas malam itu, sempat memberikan sambutan penutup, yang begitu menyakinkan kepada Paslon lainnya.

Hanya saja pembatasan atau Prokes dalam pelaksanaan debat diperketat. Bahkan awak media dibatasi untuk masuk ruangan.

Selain itu, cuaca kurang mendukung, karena sejak dimulainya debat hingga pukul 22.50 WIB masih hujan deras.

Acara debat publik tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan. S.I.K. MT, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay S.H. M.M, , Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin serta Kaban Kesbangpol Kabupaten Bengkalis Drs. H. Hermanto. MM dan undangan lainnya.

Comment

Berita Lainnya