by

Jemput Aspirasi Masyarakat, Drs. H. Arianto, MP Tampung Keluhan Masyarakat dari Tiga Desa

Penulis : -Bengkalis, DPRD Bengkalis-65 views

BENGKALIS, SuaraKepri.com РUntuk lebih dekat berkomunikasi bersama masyarakat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis dari Fraksi Partai Gerindra Dapil I Bengkalis РBantan Drs. H. Arianto, MP menggelar kegiatan reses dan sekaligus silaturahmi yang ke 3 kalinya, bertempat di Jalan Haji Ilyas, Rt 02 Rw 04 Dusun Panglima Minal, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Sabtu, (22/8/2020).

Pada awalnya, sebelum reses di Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis, juga telah melaksanakan reses dan silaturahmi yaitu di Desa Wonosari Tengah dan Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis, yang menampung aspirasi dan keluhan dari masyarakat di tingkat pedesaan.

Kegiatan reses dan silaturahmi Drs. H. Arianto, MP didampingi oleh Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Anggota BPD Air Putih Iyon dan Kepala Dusun Ahmad yang hadir juga ratusan warga yang memadati halaman diantaranya dari tokoh Masyarakat, Imam Masjid, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Pemuda, dan warga setempat.

Disela itu juga, terlihat warga yang hadir tetap mengikuti peraturan protokol kesehatan di pandemi Covid-19 yang terapkan dari pemerintah. Seperti, memakai masker dan tempat mencuci tangan dan lainnya.

Kepala Dusun (Kades) Ahmad dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Bengkalis H. Arianto menyempatkan dirinya untuk mendengar aspirasi dan keluhan dari masyarakat.

Sebelum mendengarkan dan menerima aspirasi dari masyarakat, Drs.H. Arianto, MP terlebih dahulu memberikan kata sambutan dan memaparkan maksud dan tujuan reses, termasuk tupoksi sebagai anggota dewan dan tupoksi Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, ada beberapa perwakilan dari  warga Desa Air Putih menyampaikan, aspirasi menyangkut yang selama ini belum terealisasi yakni permasalahan olahraga, pendidikan, kesehatan dan termasuk infrastruktur di desa.

Disesi tanya jawab, Pak Pepen selaku tokoh masyarakat Desa Air Putih menyampaikan, meminta kepada anggota DPRD Bengkalis Drs. H. Arianto, MP untuk kiranya dapat memfasilitasi infrastruktur seperti jalan umum, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan rumah ibadah Masjid dan pagar Musholla.

“Selama ini, masyarakat sudah menyumbang secara swadaya untuk rumah ibadah, tapi terbatas. Dan ada juga meminta semenisasi untuk halaman lapangan futsal untuk pemuda,” kata warga.

Dikesempatan ini juga, hal berbeda disampaikan perwakilan tokoh masyarakat agar menyampaikan keluhan kondisi infrastruktur jalan desa, yang saat ini sudah cukup jelak dan berlubang, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan musibah.

“Untuk itu, mohon kiranya infrastruktur jalan desa kami di perioritaskan dan diperhatikan segera diperbaiki,” pinta warga

Menanggapi berbagai aspirasi warga Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis ini, terkait pendidikan, olahraga, dan infrastruktur jalan, anggota DPRD Bengkalis Komisi I DPRD Bengkalis ini mengatakan, semua aspirasi sudah dicatat dan akan ditindaklanjuti di DPRD Bengkalis.

“Namun, tentunya tidak semua aspirasi dapat ditangani. Bisa juga nanti dimasukkan di anggaran pada tahun berikutnya. Untuk itu, tentunya akan ada klasifikasi, yang mana akan menjadi kewenangan DPRD dan mana kewenangan Pemerintah Desa (Pemdes),” sebut anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi Partai Gerindra Drs.H. Arianto kehadapan ratusan warga yang hadir.

Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD.

“Anggota dewan turun ke daerah pemilihannya untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,”  ucap anggota Legislatif dan juga seorang Ketua Masjid Istiqomah Bengkalis saat melakukan reses.

Politisi Partai Gerindra ini menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut akan direkap dan dibuat laporan kemudian diteruskan kepada pimpinan di dewan.

Soal pembangunan rumah ibadah atau pun Penerangan Jalan Umum (PJU), H. Arianto menyebutkan, bahwa Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis telah melakukan pemantauan ke beberapa desa, ternyata ada yang belum terealisasi.

“H. Arianto juga meminta kepada pemuda di jalan Haji Ilyas ini agar menjauhkan dari narkoba dan jadikanlah olahraga itu suatu hobi,” ungkap H. Arianto Wakil Ketua Komisi I dengan serius.

Untuk itu, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan membenahi keluhan masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, bahkan kita juga sudah meminta Dinas terkait untuk kepentingan masyarakat agar terealisasi.

Namun, sampai saat ini memang belum dapat direalisasikan, karena kita semua dihadapkan dengan pandemi Covid-19.
Maka dari itu, kami di DPRD Bengkalis meminta kesabaran dan partisipasi dari masyarakat Bengkalis agar kelak implementasi nantinya berjalan sesuai dengan harapan.

Alhamdulilah, reses dan silaturahmi hari ini sangat banyak sekali manfaatnya, salah satunya hal yang pertama kita syukuri adalah kita semua dapat bertemu bersilaturahmi dengan banyak orang, berdiskusi, bertukar fikiran, yang menjadi ajang silaturahmi, dan tentu saja itu berkah yang berlipat ganda buat kita semua, sehingga kita diberikan kesehatan, rezeki dan umur yang panjang dari Allah SWT..Amin Ya rabbal Alamin.

“Diakhir kata, Insya Allah, akan kita diskusikan bersama kawan-kawan di DPRD Bengkalis,” kata H. Arianto mengakhiri.

Comment

Berita Lainnya