by

Laksanakan Razia Rutin, Petugas Lapas Bengkalis Geledah Kamar Narapidana

Penulis : -Bengkalis-195 views

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis menggeledah kamar warga binaan pemasyarakatan, Rabu (29/12/2020) malam. Upaya ini dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir peredaran narkoba di antara tahanan dan warga binaan.

Penggeledahan yang dilakukan atas perintah Kalapas kab. Bengkalis, Edi Mulyono memerintahkan petugas Lapas Kelas II A Bengkalis ini merupakan sidak rutin ke kamar blok hunian. Di mana, satu persatu kamar yang dihuni para warga binaan dan narapidana digeledah untuk mencari barang-barang yang dilarang masuk ke dalam kamar.

“Ini sudah rutinitas setiap minggunya.
Hasilnya tidak ditemukan narkoba hanya barang-barang berupa macis, alat cukur, sendok, mangkok, dan botol minyak wangi,” ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kabupaten Bengkalis Edi Mulyono.

Sidak rutin sejak Senin, Selasa tapi malam ini adalah wujud komitmen petugas lapas untuk deteksi dini gangguang keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi adanya peredaran narkoba di Lapas Kabupaten Bengkalis Edi Mulyono mengatakan, lokasi sidak dilaksanakan di kamar hunian warga binaan pria maupun wanita.

“Alhamdulillah, dalam pemeriksaan penggeledahan tidak ditemukan barang-barang terlarang khususnya narkotika,” katanya.

Sementara bagi warga binaan pemilik barang seperti alat cukur kata Edi agar dibina kembali perihal larangan membawa barang terlarang. Ia mengatakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban itu, seluruh petugas harus disiplin dan bertanggung jawab memberantas barang terlarang masuk ke lapas.

Ditempat yang sama, Kepala Kesatuan Pengaman Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Aris menerangkan, Bahwa penggeledahan telah dilaksanakan secara rutin minimal seminggu 2 kali dan secara insidentil,” jelasnya.

Hasil penggeledahan di musnahkan dengan cara di rusak dan di rendam dalam air garam, yang ditindaklanjuti dengan laporan ke kantor wilayah kementerian hukum dan HAM riau.

“Dan Razia dilaksanakan untuk meminimalisir barang-barang terlarang masuk ke dalam lapas seperti senjata tajam, handphone dan narkoba serta barang-barang terlarang lainnya, sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban Lapas, supaya Lapas selalu aman dan kondusif,” ungkapnya mengakhiri.

Comment

Berita Lainnya