Bintan  

Langkanya Solar, Masyarakat Tambelan Mengadu Pada Gentong

Bintan, suarakepri.com – Selama dua tahun para Nelayan di Tambelan harus kesulitan mencari nafkah di laut, hal ini dikarenakan langkanya dan sulitnya mendapatkan solar bersubsidi maupun non subsidi, Sabtu (21/05).

Akibat permasalahan yang sedang dirasakan oleh para Nelayan, Mail mencoba menceritakan permasalahan tersebut kepada salah seorang Ustadz, hingga akhirnya permasalahan ini sampai kepada Dewan Bintan Timur, Hasriawady, S.Ip alias Gentong.

banner 336x280

“Permasalahan akan solar memang sudah menjadi permasalahan kami sebagai Nelayan selama ini, karena sudah hampir dua minggu belum juga tidak mendapatkan solar, akhirnya saya menceritakan permasalahan ini kepada Abah Alwi, dan Abah Alwi menghubungi langsung Pak Gentong,” ujar Mail.

Masih sambungnya. Meski pada hari ini sebagian Nelayan telah mendapatkan Solar. Namun kedepannya Nelayan harus menunggu selama kurang lebih dua minggu lagi, dan Solar yang didapatkan tidak memenuhi kebutuhan para Nelayan setempat.

Hal ini dikarenakan karena kurangnya pangkalan minyak Solar yang ada di Tambelan, diketahui pada saat ini hanya ada satu pangkalan yang dikelola langsung oleh pertamina.

“Saat ini hanya untuk membeli solar bersubsidi ada satu tempat yang di jalankan langsung oleh Pertamina Tambelan, dan ini kami harus mengantri sampai malam. Itupun tidak semua Nelayan merasakan, karena harus bersaing dengan kapal-kapal yang datang dari luar Tambelan,” ungkap Mail.

Ia juga menerangkan, Sebelumnya sebagian Nelayan juga sudah menemui salah seorang bekas anggota DPRD Bintan asal Kecamatan Tambelan Helmi, dan membawa mandate agar segera membentuk kelompok Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

“Mandat dari Pak Helmi agar segera membentuk kelompok Nelayan, dan sudah ada rapat pergantian kelompok nelayan. Semoga kedepannya permasalahan ini dapat terselesaikan, dan harapan saya agar Nelayan Tambelan 90% kebutuhan akan Solar bisa tercukupi,” harap Mail.


Ditempat terpisah. Dewan Bintan Timur Hasriawady, S.Ip selaku Ketua Komisi 1 dikediamannya menyampaikan, biasanya permasalahan Nelayan ini memang sudah menjadi permasalahan setiap tahunnya, oleh karena itu butuh perhatian dari pihak terkait.

“Selama ini memang hampir seluruh Nelayan yang ada di Bintan ini menjerit akan susahnya mendapatkan Solar, oleh karena itu butuh perhatian dari pihak-pihak terkait agar permasalahan ini benar-benar teratasi,” ungkap Gentong di Tempayan Kopi.

Gentong juga menambahkan, agar jangan sampai ada pihak-pihak yang kedapatan memanfaatkan atau menjual BBM Solar kepada yang tidak semestinya.

“Nelayan kita sudah susah, jangan sampai Solar yang seharusnya diperuntukan bagi Nelayan malah dijual ke pengusaha atau oknum-oknum yang ingin mendapatkan keuntungan, kasihan Nelayan kita,” tegas Gentong.

Comment