Bintan  

Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Gentong : Mualaf Juga Bagian Dari Keluarga Kita

Bintan, suarakepri.com – Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, sejumlah Mualaf diundang untuk buka bersama dan menjalin silaturahim oleh salah satu anggota DPRD Bintan Timur yang juga Ketua Komisi I Hasriawady, S.Ip di Tempayan Kopi daerah Kijang.

Diketahui, sebanyak 21 orang yang hadir dalam kegiatan merupakan mualaf dari Kecamatan Bintan Timur yang tergabung dalam Kelompok Binaan dari Kantor Urusan Agama (KUA) Bintan Timur.

banner 336x280

Muhammad Abdul Qodir Harahap, S.A.P selaku Ketua Pembina Mualaf Bintan Timur menerangkan, bahwasanya kegiatan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh para mualaf yang memang tergolong baru dan sedang belajar mengenal dunia Islam.

Hasriawady, S.Ip saat memberikan kata sambutan kepada para Mualaf di Tempayan Kopi

Abdul juga menjelaskan, selain diundang dalam kegiatan buka bersama dan silaturahim yang diadakan oleh salah seorang dewan, kegiatan juga diselingi dengan pemberian tausyiah.

“Kegiatan hari ini merupakan suatu bentuk kegiatan pembinaan kepada para Mualaf selama bulan Suci Ramadhan. Biasanya kami melaksanakan pembinaan setiap hari Rabu setelah ba’da Dzuhur, namun kebetulan ada undangan buka bersama dan silaturahmi, jadi kami sambilan dan disejalankan juga dengan kegiatan pada hari ini,” ujar Abdul. Senin (18/04)

Abdul juga mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan (Hasriawady, S.Ip) yang sudah sangat perduli terhadap para Mualaf, dan menganggap bahwasanya mereka (Mualaf) sudah menjadi bagian dari sahabat dan keluarga seiman.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya atas kepedulian beliau terhadap para Mualaf yang sangat begitu besar, dan jika masih ada anggota dewan lainnya ingin mengundang atau menghadirkan kami, kami siap datang. Karena dengan kegiatan seperti ini, saudara kita yang Mualaf akan merasa diperhatikan dan memiliki keluarga yang besar,” ungkap Abdul.

Masih sambungnya. Mumpung masih dalam nuansa Bulan Suci Ramadhan, bagi umat Muslim yang memiliki kemampuan finansial, diharapkan dapat membantu dan mendukung teman, sahabat dan saudara kita (Mualaf) saat ini. Seperti yang diketahui, tingkat perekonomian Mualaf yang terdaftar kebanyakannya masih tergolong dibawah rata-rata.

“Semoga semakin banyak umat Muslim yang memiliki kepedulian terhadap saudara kita yang memang membutuhkan, karena pada dasarnya keinginan kami ingin melakukan dakwah sambil meningkatkan perekonomian sahabat kita yang Mualaf. dan sudah saya bincangkan juga dengan Ustad Abu Bakar, kemungkinan kedepannya kami akan membuat suatu kelompok usaha atau Home Industri,” Harap Abdul.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Pembina Mualaf Bintan Timur. Hasriawady, S.Ip selaku anggota DPRD Bintan Timur yang juga Ketua Komisi I juga mengungkapkan bahwasanya sebagai umat muslim sudah semestinya merangkul dan perduli terhadap para Mualaf yang dengan yakin dan sungguh-sungguh memeluk agama Islam.

“Tentunya dengan keyakinan ini kita harus memberikan pemahaman kalau Islam itu memang Rahmatan Lil Alamin, dimana Islam itu sebagai Rahmat bagi alam semesta. Jadi yang kita inginkan, mereka tidak merasa terkucilkan dan harus memberikan pemahaman dan penguatan serta pengetahuan secara Islam yang lebih mendalam,” Ujar Gentong.

Gentong juga menerangkan, bahwasanya ini sudah menjadi tugas seluruh umat muslim untuk merangkul saudara seiman yang baru saja memeluk agama Islam (Mualaf), dan juga menjadi tugas para tokoh seperti Kiyai dan Ustad.

Untuk saat ini, sudah terbentuk forum Mualaf wilayah Bintan Timur yang dibina oleh Ustad Abu Bakar dan Ustad Abdul Khaidir, dimana dengan adanya forum ini, minimal umat Muslim lainnya ikut dalam pengajian yang diadakan, sehingga terjalin silaturahmi dan menjadikan mereka saudara sebangsa dan seiman.

“Harapan kita kedepannya, dengan kegiatan yang ada saat ini dapat dengan sungguh-sungguh merangkul mereka (Mualaf), dan dengan kegiatan ini juga dapat lebih dekat dan menjalin Ukhuwah Islamiah dengan mereka,” Pungkas Gentong.

Comment