by

Dilantik Gubernur Kepri, Arah Roda Pemerintahan Nizar-Niko dan 6 Program Unggulan

Penulis : -Lingga-286 views

Lingga, SuaraKepri.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri)  H. Ansar Ahmad melantik tiga Bupati dan Wakil Bupati, salah satunya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga Muhammad Nizar dan Niko Wesha Pawelloy di aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Jumat (26/02/21).

Terlihat sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Nizar dan Niko terlihat melakukan sesi foto dan menyapa beberapa pejabat serta camat yang hadir pada pelantikan tersebut.

Dengan diangkatnya sumpah jabatan ini, Bupati Muhammad Nizar dan Wakil Bupati Lingga Niko Wesha Pawelloy diminta segera mengejar ketertinggalan pembangunan serta dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik, adil dan beradap. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Gubernur Kepri saat memberikan amanah.

“Selamat bertugas dan jalankan roda pemerintaham dengan arib dan bijaksana, permudahkan akses pendidikan, kuatkan daya ekonomi, dengan cara kuatkan daya beli masyarakat, cepat kembali ke daerah masing-masing untuk menjalankan misi dan visi, tepatkan janji politik,” kata Ansar Ahmad kepada ketiga Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Nantinya Nizar dan Niko akan menjalankan roda pemerintahan merujuk pada program proritas kerja dan pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19, tentu ini sudah tertuang dalam visi yaitu, terwujudnya Kabupaten Lingga Sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.

Serta 5 misi yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berakhlak, berbudaya, berdaya saing dan produktif. Kemudian, mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Kemudian, percepatan pertumbuhan dan kegiatan perekonomian yang berbasis keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mengembangkan dan melestarikan khasanah budaya Melayu dan Nusantara untuk mewujudkan Bunda Tanah Melayu.

Dan ia juga berjanjikan akan melaksanakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan berbasis teknologi informasi yang berorientasi pada pelayanan publik, hal itu ia sampaikan saat rapat Paripurna penyampaian visi dan misi calon Bupati dan Wakil Bupati Lingga kemarin.

Dari visi dan Misi ini lah, sepertinya arah roda pemerintahan Nizar dan Niko akan berjalan usai dilantik oleh Gubernur Kepri, dari 6 program ini salah satunya Nizar-Niko berkomitmen memulihkan ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Dilihat dari program pemulihan ekonomi sendiri, sepertinya mereka akan melakukannya dengan cara pelaksanaan pembangunan padat karya, percepatan penyerapan anggaran daerah untuk menggerakkan ekonomi, insentif bagi dunia usaha yang terdampak covid, pelaksanaan kegiatan ekonomi yang produktif dan aman, fasilitasi kredit bagi UMKM terdampak covid, serta optimalisasi penggunaan produk UMKM lokal.

Diketahui, usai dilantik oleh Gubernur Kepri, Bupati Muhammad Nizar dan Wakil Bupati Lingga Niko Wesha Pawelloy akan menjalankan serangkai kegiatan, salah satunya seperti prosesi tepuk tepung tawar yang akan dilaksanakan di aula Kantor Bupati Lingga, namun sampai hari ini belum diketahui kapan acara ini dilaksanakan di Kabupaten Lingga.

Comment

Berita Lainnya