by

Masyarakat Tuntut Dana CSR ke PT.DBS dan PT.DPJ, Sekjen Perpat Lingga Keluarkan Ultimatum

Penulis : -Lingga-861 views

Lingga, SuaraKepri.com – Masyarakat Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga menuntut hak nya berupa dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang sampai hari tidak perna dikeluarkan oleh PT. DBS dan PT. DPJ yang beroperasi di Kecamatan Selayar.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Perpat Kabupaten Lingga Basri Toraja mengatakan selama berjalan 2 tahun PT. Pasir tersebut tidak perna merealisasikan dana CSR ke masyarakat, padahal, menurut dia perusahaan diwajibkan untuk mengucurkan dana CSR karna hal itu merupakan hak masyarakat yang terdampak oleh aktifitas tambang.

“Kita sudah perna jumpa dengan tim yang berada di Selayar tapi tindak lanjut dari PT itu tidak ada, yang artinya kami beranggapan itikat baik dari pihak perusahaan tidak ada,” kata Basri kepada Suarakepri.com, Minggu (27/12/20).

Adapun tuntutan masyarakat yaitu menuntut pihak perusahaan untuk merealiasikan dana CSR itu sesegera mungkin, bahkan jelas dia selama ini masyarakat cukup dibuat resah dengan beberapa kejadian yang perna menimpa di Kecamatan Selayar, dengan alasan itu pula masyarakat meminta hak hak yang menjadi atensi masyarakat dapat disalurkan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

“Saya sebagai Sekjen Perpat mengecam keras apabila dalam 2-3 hari ini dana CSR juga tidak di salurkan atau tidak ditanggapi, maka kita akan membuat aksi dan menutup aktifitas tambang untuk sementara, karna kami merasa sudah dilecehkan dengan perusahaan, ingat kami bukan pengemis, tapi tolong anggap kami manusia, yang mana omongan kami harus didengar,” ucapnya bernada tegas.

Sebagai putra tempatan Basri menyebutkan sampai detik ini, pihak perusahaan belum perna melakukan diskusi atau pertemuan kepada masyarakat terkait dana CSR.

“Kami sudah perna mengajukan tapi tidak perna ditanggap, macam mana pun ceritanya jika suara kami sebagai putra tempatan dan masyarakat Kecamatan Selayar tidak juga di tanggapi, maka kami akan membawa ratusan masa dan akan kami lakukan aksi dilapangan,” pungkasnya.

Diketahui, tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) adalah pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Tanggung jawab sosial adalah komitmen bisnis untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan karyawan dan masyarakat.

Penulis : Febrian S.r

Comment

Berita Lainnya