banner 728x250

Menanti Keputusan Bupati Lingga Terkait Pemasangan Kabel Bawah Laut

  • Share

Lingga, SuaraKepri.com – Masyarakat Kabupaten Lingga banyak yang menanti keputusan Pemerintah Kabupaten Lingga, yaitu Bupati Lingga Muhammad Nizar tentang rencana pemasangan instalasi dan Pengoperasian kabel bawah laut oleh PT. Sun Cable yang direncanakan melewati perairan Lingga, Selasa (26/10/21).

Pasalnya saat dilakukan konsultasi publik rencana pemasangan kabel bawah laut, Bupati Lingga tidak mengeluarkan keputusan apapun, harus mendukung sepenuhnya proyek tersebut atau tidak, namun banyak dari publik yang menunggu keputusan tegas orang nomor satu di Kabupaten Lingga ini.

banner 336x280

“Kami sebagai masyarakat nelayan tentu mengikuti saja keputusan pimpinan kami, tapi tolong jangan membuat kami bingung, jika memang merugikan daerah kita baik itu ditolak saja, kalau pun menguntungkan maka terima lah, kami siap mendukung apapun keputusan bupati,” kata Nanang salah satu nelayan.

Apalagi menurut dia, Bupati Lingga harus memikirkan dampak lingkungan walaupun memang sampai hari ini belum ada aturan maupun undangan-udang yang mengatur pasti tentang dampak lingkungan dilepas pantai.

Namun sebagian pemilik wilayah 12 Mil lepas pantai, Kabupaten Lingga memiliki hak eksklusif untuk membahas dampak dampak yang dapat terjadi saat pengerjaan kabel bawah laut itu.

“Karna kita tidak mau, nantinya akibat pemasangan kabel bawah laut itu, menyebabkan polemik baru, sebagai wilayah penghasil tangkap laut terbanyak, tentu kita tidak mau kalau sampai terumbu karang kami jadi rusak,” ujarnya

Sebelumnya Bupati Lingga M. Nizar dalam sambutannya mengatakan dihadapan PT. Sun Cable Pemerintah Kabupaten Lingga dengan tegas belum bisa memastikan mendukung sepenuhnya proyek tersebut.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, dalam hal ini menerima tidak, menolak pun juga tidak. Karena memang ini izin yang sudah ada dari pusat. Yang kebetulan proyek ini melalui perairan di Kepulauan Riau,” kata dia beberapa waktu lalu di hadapan pihak PT. Sun Cable dan tamu undangan yang hadir.

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan
Menindaklanjuti surat edaran dari Presibent Direktur PT. ESC Enviromment Indonesia Nomor : 164/ESC-GE/X/2021 tanggal 11 Oktober 2021 prihal undangan konsultasi publik atas rencana kegiatan instalasi dan pengoperasian kabel bawah laut HVDC melalui kepulauan perairan di Indonesia dan Perairan di Provinsi NTT, NTB, Babel dan Kepri.

Penulis : Febrian S.r

  • Share