banner 728x250

RPJMD Lingga Akan Disesuaikan Dengan Visi-Misi Bupati Terpilih

  • Share

LINGGA, SuaraKepri – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga terus mendesak tahapan penyusunan perencanaan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Lingga 2016-2021. PenyusunaN ini RPJMD terkait seluruh visi misi pembangunan Bupati Lingga terpilih, pasangan Alias Wello dan M nizar atau lebih dikenal dengan pasangan Awe.

Hal ini di katakan kepala Bappeda Lingga HM iSHAK usai kajian teknokratik RPJMD kabupaten lingga 2016-2021 di Aula Kantor Bupati Lingga, Kamis lalu.

banner 336x280

Dikatakannya, Pemkab Lingga akan menggesa penyelesaian RPJMD tersebut selambat-lambatnya enam bulan setelah Bupati dan wakil Bupati Lingga terpilih dilantik.

“Untuk itu semua SKPD harus mendukung kegiatan penyusunan itu. Visi misi Bupati Lingga terpilih akan terangkum dalam RPJMD ini,” tegasnya.

Ishak menjelaskan bahwa RPJMD akan dibuat dalam bentuk Perda Lingga yang harus disahkan enam bulan kedepan.

“Selain sebagai acuan pembangunan yg diinginkan Bupati terpilih selama lima tahun kedepan RPJMD juga sebagai evaluasi untuk kinerja pembangunan bupati terpilih selama menjabat lima tahun kedepan,” tambahnya.

Menurutnya, terlepas dari hal tersebut kemampuan angaran daerah juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan Bupati terpilih nantinya.

Untuk itu pemerintah daerah nantinya akan lebih gesit dalam mengejar dana-dana pembangunan dari alokasi APBN dan sektor swasta.”Jadi tidak hanya mengandalkan APBN saja, harus ada penghasilan PAD dan sektor swasta,” tegasnya.

“Sumber anggaran pembangunan itu ada tiga sumber yakni APBD, APBN dan swasta ( investasi) bupati optimis kita kedepan tidak hanya mengandalkan APBD saja tapi dari sumber lain,” lanjutnya.

terang Ishak lagi, kalau dari APBD kita yang kecil akan sulit mencapai target pembangunan nanti. Dia berharap, nantinya pemerintah lebih komitmen dan kontisten dalam menjalankan pembangunan sesuai dengan RPJMD yg ada karena jika tidak komit maka akan sulit melaraskan visi misi itu.

“Yang terpenting konsisten hingga kita optimis bisa mencapai pembangunan sesuai visi misi itu,” ungkapnya. (Feb-Min)

  • Share