Example floating
Example floating
Tanjungpinang

Gubernur Kepri Buka Forum Konsultasi Publik

320
×

Gubernur Kepri Buka Forum Konsultasi Publik

Sebarkan artikel ini

Tanjungpinang – Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri tahun 2016-2021 Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani memimpin sekaligus membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Senin (28/3/2016) di Aula Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang.

Pada kesempatan ini Gubernur mengatakan bahwa Pembahasan RPJMD adalah penggambaran dari arah pembangunan yang ingin di capai pada 5 tahun kedepan sesuai visi dan misi yang di emban, dengan istilah ‘Lanjutkan Pembangunan’. Dengan demikian diharapkan program-program yang belum tercapai secara optimal bisa dilanjutkan kedepannya.

“Jika kita melihat dari hasil laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPJ-AMJ) kami periode 2010-2015, terlihat bahwa pencapaian pembangunan hingga 81,79% dan masuk kategori baik. Namun masih ada beberapa indikator yang memerlukan upaya kerja keras untuk pencapaian targetnya agar lebih optimal lagi,” ujar Sani.

Adapun Prioritas Utama dalam RPJMD Provinsi Kepri Tahun 2016-2021 antara lain Pembangunan Infrastruktur, Penguatan konektifiti antar pulau-pulau, peningkatan dibidang Maritim, Peningkatan mutu Pendidikan, Peningkatan kualitas Kesehatan, Pemanfaatan bidang Pariwisata, Pengentasan kemiskinan dan Menjaga kelestarian Lingkungan hidup.

Adapun salah satu isu strategis di Kepri dalam RPJMD 2016-2021 adalah Kapasitas Fiskal Daerah yang terbatas dan pembangunan harus mengedepankan asas prioritas.

“Kapasitas Fiskal Daerah yang terbatas tersebut mengharuskan kita menyusus prioritas utama pembangunan kedepan dan prioritas tersebut diharapkan dapat dijalankan dengan penuh komitmen, bekerja keras dan sungguh-sungguh agar mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan,” pinta Sani.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Kepri, Naharuddin mengatakan bahwa diadakannya Forum ini sebagai masukan dan bahan yang akan digunakan untuk penyempurnaan RPJMD yang telah di rancang sebelumnya.

“Rancangan awal RPJMD telah di buat oleh Bappeda, dengan diadakannya Forum ini akan dijadikan bahan, dokumen yang akan digunakan saat Musrembang penyusunan RPJMBD yang akan dilaksanakan Pada Minggu pertama bulan Mei nanti,” ujar Nahar.

Hadir juga pada kesempatan ini Plt. Sekdaprov Kepri Reni Yusneli, Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, serta beberapa staf Khusus Gubernur, Tim Ahli dari Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan (PK2SP) Fisip Universitas Diponegoro, Dr. Gunarto, M.Si. Kepala SKPD dan FKPD beserta tokoh masyarakat.

[sk]

Comment