Kampung Tangguh Kenanga, Terkompak Dan Terlengkap Ditengah Pandemi Covid-19

“Kampung Tangguh” yang diluncurkan baru-baru ini di berbagai wilayah di Indonesia merupakan upaya pemerintah pusat untuk menangkal COVID-19 dengan kearifan lokal.

“Pandemi ini (harus) memperkokoh semangat gotong-royong untuk menghadapi COVID-19. Melestarikan kearifan lokal dalam menjalani kehidupan new normal (satu cara) untuk memutus mata rantai COVID-19,” demikian cuplikan dari “Buku Laporan Tahunan 2020, Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf: Bangkit Untuk Indonesia Maju” yang disampaikan di Jakarta.

banner 336x280

Dalam laporan setebal 75 halaman tersebut, dijelaskan bahwa “Kampung Tangguh” mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menangkal pandemi virus berbahaya.

Pemenuhan secara mandiri oleh masyarakat itu, mulai dari penyediaan ruang isolasi, posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan yang dapat dimanfaatkan secara bersama.

“(Ini) Menguatkan silaturahmi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tulis laporan tersebut.

Pemuda Kampung Kenanga, Kelurahan Tanjung Unggat

Nah, di Ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yakni Kota Tanjungpinang, memiliki salah satu Kampung Tangguh yang cukup mencuri perhatian, yaitu Kampung Kenanga, Batu 2, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.

Selain memiliki banyak kegiatan dan terlengkap dari program sebuah Kampung Tangguh, warga Kampung Kenanga juga memiliki kekompakan yang cukup solid.

Di Kampung Kenanga sendiri memiliki kegiatan atau program yakni Rumah Karantina, Rumah Pembibitan, Rumah IPAL, Rumah Kompos, Rumah Baca, Home Industri, Posko Penanganan, Posyandu Lansia, Sarana Olahraga, Kolam Budidaya, Lahan Cocok Tanam, Lahanat Mangrove, Bank Sampah hingga Sarana Nelayan sebagai peyangga ekonomi sebagian warganya ditengah pandemi COVID-19.

Polres Tanjungpinang akan melaunching Kampung Tangguh di Wilayah Kota Tanjungpinang, hari Sabtu ini (20/02), salah satunya Kampung Tangguh Lawan COVID-19, Kampung Kenanga

“Benar, esok Walikota, Kapolres, Dandim serta jajaran Kominda Tanjungpinang akan meresmikan Kampung Tangguh Peternakan di Kampung Banjar Air Raja, Jl Triwijaya, Kelurahan Air Raja. Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas Tanjung Siambang Dompak. Kampung Tangguh Lawan COVID-19 Kenanga, Jl Brigjend Katamso Gg. Kenanga 3, Kelurahan Tanjung Unggat. Kampung Tangguh Inspiratif, Jl Borobudur Kelurahan Bukit Cermin. Serta Kampung Tangguh Religi Pulau Penyengat,” ujar Evi, Kabag Prokopim Setda Kota Tanjungpinang.

Comment