Tambak Ketam Bakau Prioritas Kades Sungai Pinang Tingkat Ketahanan Pangan

Kades Sungai Pinang bersama warga saat memanen ketam./F. Rian

Lingga, SuaraKepri.com – Potensi usaha budidaya Kepiting Bakau (Ketam Bangkang) di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur, kabupaten Lingga, dirasa sangat menjanjikan, Minggu (20/11/22).

Dengan harga pasar yang saat ini cukup tinggi, untuk ukuran/size: 300-500 gram per ekor harga jual Rp 180,000 per kg, sedangkan ukuran/size: 500 gram keatas per ekor harga jual Rp 190,000 per kg, tentu dapat menjadi mata pencaharian alternatif warga pesisir Lingga Timur.

banner 336x280

Hal itu pula yang disampaikan Kepala Desa Sungai Pinang Diau Rusdi, ia mengatakan tambak ketam bakau di desa nya hari ini memiliki 5 kolam dengan diameter 25×25 perkolamnya, terkait anggaran, ia mengaku dana awal berasal dari anggaran ketahangan pangan dari DD 20% Desa Sungai Pinang.

Selain itu, beberapa pola budidaya seperti tambak dan keramba dapat lebih mudah menghasilkan produk kepiting yang sesuai aturan kelayakan yang telah diatur permen kelautan dan perikanan RI.

“Kita baru juga mulainya. Biasanya kita di kampung hanya mengambil bangkang dari laut dan hutan bakau untuk langsung jual, dan sekarang kita mencoba buat tambak skala sedang dan saya yakin ini akan menjadi peningkatan ekonomi desa serta penguatan ketahanan pangan di wilayah pesisir.” Kata Diau Rusdi.

Selain meningkatkan kuantitas pada kepiting, kata Diau, pola budidaya juga dapat menaikkan kelas kepiting tersebut, dimana kelasnya di pisah berdasarkan ukuran dan bobot per ekornya, dan setiap kelas memiliki tingkatan harga yang selisihnya cukup besar.

Sementara itu, membudidayakan ketam bakau sangat mudah, sebab proses penggemukan tidak akan mengalami kendala karna mayoritas di pesisir banyak ditumbuhi pohon bakau, sehingga untuk pangan juga tidak mengalami kendala.

Untuk itu, di HUT Kabupaten Lingga ke-19 ini, Desa Sungai Pinang dan Masyarakat Sungai Pinang mempersembahkan eco wisata ketam bakau dan tambak ketam bakau, dengan progres tersebut ia yakin Desa Sungai Pinang akan jadi desa yang mandiri dan inovatif.

“Selamat Ulang Tahun Kabupaten Lingga, selain ucapan, saya juga mempersembahkan progres tambak ketam bakau karna wilayah Sungai Pinang kaya akan ketam bakau, untuk itu kami yakin desa kami akan menjadi desa percontohan bagi wilayah pesisir dan kami berkomitmen akan menumbuh besarkan tambak katam bakau yang sudah kami mulai,” pungkasnya

Penulis : Febrian S.r

Comment