banner 728x250

Bersepeda dan Berjalan Kaki ke Tempat Kerja, Baik untuk Jantung

  • Share
Images: AFP Relaxnews/ Xavier Arnau/ istock.com

Bersepeda dan berjalan kaki ke tempat kerja ternyata telah memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan tubuh, terutama jantung.

Kebiasaan orang-orang Inggris untuk bersepeda atau berjalan kaki menuju kantor, telah terbukti menurunkan risiko serangan jantung baik pada laki-laki maupun perempuan dalam dua tahun terakhir. Hal ini berdasarkan studi yang telah dituangkan dalam European Journal of Preventing Cardiology.

banner 336x280

Alistair Brownlee, seorang atlet triathlon sekaligus salah satu penulis dalam studi ini mengatakan bahwa bersepeda dan berjalan kaki ke kantor membantu menurunkan tingkat serangan jantung. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa rutin berolahraga memberikan banyak manfaat, sehingga melalui studi ini diharapkan dapat mendorong banyak orang lebih aktif bergerak.

Studi ini mengambil data sensus di United Kingdom pada tahun 2011, yang melibatkan 43 juta yang berusia 25 – 74 tahun dan merupakan pekerja. Ditemukan bahwa 11.4% adalah para pekerja yang aktif bergerak menuju tempat kerja. Kegiatan jalan kaki lebih popular dibandingkan dengan bersepeda.

Para peneliti yang mengerjakan studi ini mengatakan bahwa beberapa faktor besar penyebab penyakit jantung adalah kurang bergerak, memiliki berat badan yang berlebihan, merokok dan diabetes.

Setelah diteliti, ternyata orang-orang yang lebih aktif bergerak sangat terkait dengan manfaat kesehatan yang diperoleh.

Untuk perempuan, berjalan kaki menuju tempat kerja telah membantu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 1.7% ketika diteliti pada tahun berikutnya. Hal yang sama juga berlaku pada laki-laki yang bersepeda ke kantor, berhasil menurunkan 1.7% risiko penyakit jantung.

Aktif bergerak memiliki efek yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan penentu kesehatan jantung lainnya, seperti gaya hidup yang buruk, obesitas, merokok dan olahraga berat lainnya. Meskipun begitu, apabila rutin bergerak lebih aktif akan memberikan dampak positif yang besar bagi tubuh.

Bagaimana pun dalam studi ini mendorong masyarakat untuk bergerak aktif sekaligus berolahraga melalui kegiatan jalan kaki atau bersepeda ke kantor. Diharapkan hal ini akan mempengaruhi banyak orang untuk menggalakan hidup sehat dan aktif.

Sumber : News18

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *