Tingkatkan Kualitas dan Keamanan, BI Luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Jakarta, suarakepri.com – Pemerintah Indonesia bersama Bank Indonesia (BI) menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 yang dihadiri oleh Bupati seluruh Indonesia, Pimpinan Perbankan, Asosiasi perbankan, Asisten Operasi Kepala Staf TNI al Laksamana Muda TNI Deni Hartanto secara langsung dan virtual, menggunakan aplikasi Zoom. Kamis, (18/8)

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan peluncuran pecahan uang pada hari ini adalah komitmen dari BI untuk terus memajukan perbankan, serta perputaran ekonomi di masyarakat.

banner 336x280

Perry juga menyampaikan, peluncuran Uang TE 2022 yang bertepatan pada momen-momen HUT–77 NKRI mencerminkan semangat kebangsaan, dan nasionalisme, dimana nantinya akan tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada Uang TE 2022 yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomer 13 Tahun 2012 dan telah diteken pada 6 Juli.

Pahlawan nasional tersebut meliputi Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta pada pecahan uang kertas Rp 100.000, Ir H Djuanda Kartawidjaja pada Rp 50.000, Dr GSSJ Ratulangi pada Rp 20.000 dan Frans Kaisiepo pada Rp 10.000.

Kemudian Dr KH Idham Chalid pada uang kertas pecahan Rp 5.000, Mohammad Hoesni Thamrin pada Rp 2.000, dan Tjut Meutia pada uang kertas pecahan Rp 1.000.

“Nantinya, pecahan uang yang diluncurkan terdiri dari pecahan uang Rupiah kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 2000, dan Rp 1000 dengan tampilan visual yang telah dipoles serta dimutakhirkan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, dengan diselenggarakan peluncuran ini maka ketujuh pecahan Uang TE 2022 secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bertepatan dengan momen HUT-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurutnya, Ada beberapa aspek penguatan Uang TE 2022, mulai dari warna yang didesain lebih tajam, unsur pengaman yang di-upgrade dan dimutakhirkan, serta pemilihan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dan pemutakhiran ini bertujuan agar Rupiah yang digunakan oleh warga Negara Indonesia nyaman, aman untuk digunakan, serta semakin mudah dikenali ciri keasliannya.

“Selain faktor yang telah disebutkan, inovasi Uang TE 2022 menjadikan uang Rupiah lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas, terpecaya serta menjadi kebanggan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Masih sambungnya. Penukaran rupiah dapat dilakukan melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan BI untuk mengajukan penukaran melalui kas keliling, dan nantinya masyarakat dapat mengakses langsung aplikasi PINTAR yang dapat ditemui melalui web https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi penukaran dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022.

“Penukaran rupiah nantinya sudah dapat dilakukan. Namun diharapkan masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku,” himbaunya.

Penulis : Trinanda
Editor : Tafan Juristian Putra

Comment