banner 728x250

Akan Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno, Pulau Rupat Gelar Festival Budaya Pesisir dan Run 10 K

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Wilayah dan kawasan wisata (Destinasi) pantai Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, semakin menjadi perhatian dan tumpuan bagi masyarakat. Pekan lalu, pasca helat Festival Mandi Safar, hanya selang beberapa hari tepatnya pada Sabtu hingga Senin 23 – 25 Oktober 2021 akan kembali digelar even pariwisata Festival Budaya Pesisir dan Run 10 K.

Tak tanggung-tanggung, even pariwisata yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Riau ini akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Bengkalis Kasmarni, serta para pelaku usaha sektor pariwisata di Riau maupun nasional.

banner 336x280

Demikian diiungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Anharizal melalui Kepala Bidang Pariwisata, Alwizar, sebagaimana rilis yang disampaikan, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, Festival Budaya Pesisir dan Lari 10 Km (Running 10 K) ini adalah even pergelaran budaya lokal dipadu dengan olaharaga pendukung pariwisata yang dikenal dengan istilah sport tourims.

Tujuan dari even ini, kata pria yang akrab disapa Awi ini, sebagai ajang mempromosikan budaya lokal seperti zapin api, orkestra, gazal, permainan jung dan gasing kepada dunia luar sehingga akan menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Terkait peserta Run 10 K Pulau Rupat ini sebanyak 50 orang pelari yang dibawa oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari berbagai provinsi yang juga berfungsi sebagai influencer. Oleh sebab itu, salah satu syarat peserta adalah memiliki lebih dari 5.000 follower akun media sosial.

Mengapa pesertanya hanya dibatasi sebanyak 50 orang, dijelaskan Awi, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka promosi pariwisata dikemas dalam bentuk promosi digital dengan peserta yang sangat terbatas.

Sebenarnya, ungkap Alwizar, antusias masyarakat umum yang antusias ingin mengikuti even ini banyak. Namun karena masih dalam suasana pandemi, Covid-19 maka pihak penyelenggara masih membatasi.

“Mudah-mudahan, tahun depan pandemi ini berakhir, sehingga Festival Budaya Pesisir dan Run 10 K, akan menjadi even tahunan oleh pihak Provinsi Riau,” tutupnya.

  • Share