banner 728x250

Pertanyakan Dana Bansos, Ini Syarat Dari Kelurahan Kijang Kota

  • Share

Bintan, suarakepri.com – Kurangnya sosialisasi dan penyampaian kepada warga terkait dana bantuan sosial (bansos) dari Dinas Sosial Provinsi, membuat sebagian warga di wilayah Kecamatan Bintan Timur kebingungan.

Menjawab pertanyaan tersebut, plt Kelurahan Kijang Kota, Daniel P Hasibuan, Amd menjelaskan bahwa, pada saat kejadian pihaknya belum mendapatkan regulasi yang tepat mengenai siapa saja yang berhak menerima bansos tersebut.

banner 336x280

Menurutnya, Kelurahan Kijang Kota tidak pernah menolak siapa saja yang ingin mengurus bantuan tersebut, namun, Ketika dalam pengurusan, pihaknya harus memeriksa dan memastikan kembali apakah yang bersangkutan berhak menerima.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, persyaratan penerima bansos yang paling umum adalah, harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi.

Apabila belum terdaftar di DTKS Dinsos, maka harus segera melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

“Bagi warga yang telah dihubungi oleh petugas Satgas Covid-19 atau Dinsos Provinsi, maka silahkan untuk mengurus SKTM, namun tentunya kami akan memeriksa data tersebut, Jadi, Sebelum mengurus SKTM, kami sampaikan untuk menulis surat pernyataan terlebih dahulu,” ujarnya, Selasa (07/09).

Adapun isi surat pernyataan tersebut ditulis secara manual dengan menyebutkan, bahwa penerima bansos merupakan warga kurang mampu, dan wajib mendapatkan stample dari RT tempatnya tinggal.

Ia juga menjelaskan, masyarakat yang dapat mengurus SKTM adalah warga yang memiliki penghasilan dibawah Rp 1,3 Juta kebawah.

Menurutnya, Kebijakan ini diambil berdasarkan penyesuaian hasil koordinasi pihak kelurahan dengan Dinsos Kabupaten Bintan yang berpatokan kepada Badan Pusat Statistik (BPS), hal ini dilakukan agar penerima bansos dapat disalurkan dengan semestinya.

“Terkait bansos, banyak pasien yang mangkir juga ingin mendapatkan bantuan, maka dari itu, untuk memastikan warga tersebut memang berhak menerima, kami menghimbau pada warga untuk melampirkan surat pernyataan sudah sembuh yang dikeluarkan langsung oleh pusat pelayanan kesehatan,” tutupnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *