Usulkan UMK Naik, Sudah Tepatkah Keputusan Pemkab Bintan

Bupati Bintan, Roby Kurniawan S.P.W.K bersama Ketua DPP Perppat Bentan, Hasriawady S.Ip yang juga merupakan Ketua Komisi I DPRD Bintan,dalam satu acara perlombaan memasak di Kabupaten Bintan./F.Tafan

Bintan, suarakepri.com – Tidak lama ini pada Jumat, 02 Desember 2022 di Lapangan Relief Antam Kijang, Bupati Bintan Robby Kurniawan, S.P.W.K sempat memberikan pernyataan bahwasanya tahun depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan telah mengusulkan untuk menaikkan upah minimun kerja (UMK).

Menanggapi hal tersebut, Hasriawady, S.Ip yang kerap disapa Gentong selaku Ketua Umum DPP Perppat Bentan memberikan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada Bupati Bintan atas usulan tersebut. Namun, ia menilai hal ini seharusnya dibarengi dengan persiapan yang matang terlebih dahulu.

banner 336x280

Gentong menyebutkan, bahwasanya dengan keputusan yang dilakukan oleh Pemkab Bintan sebenarnya sudah baik dan ini demi masyarakat Bintan.

Namun menurutnya, keputusan Pemkab Bintan dinilai masih dini atau dinilai terlalu cepat, seharusnya ada aspek lain yang lebih penting jika ingin mewujudkan Bintan Bangkit, Ekonomi Pulih. Dengan adanya usulan kenaikan UMK Bintan justru menjadi tanda tanya besar tentang kesiapan daerah.

Adapun usulan UMK yang telah diajukan ke Provinsi Kepulauan Riau yaitu Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2023 naik 8,23 persen atau Rp300.180, yaitu dari Rp3.648.714 pada tahun 2022 menjadi Rp3.948.894.

Melihat hal ini, berdasarkan hasil pengamatannya dan perbandingannya terhadap daerah maju lainnya, poin penting suatu daerah yang ingin maju bukan karena tingginya UMK yang dimilikinya, tapi bagaimana mendatangkan pengusaha untuk menciptakan peluang lapangan pekerjaan yang layak dan bagaimana memaksimalkan serta meningkatkan SDM di daerahnya.

“Kalau saya ya, untuk UMK nanti dulu lah, kita siapkan dulu nih adek adek kita, SDM kita agar dapat bekerja didaerahnya. Datangkan pengusaha pengusaha besar lainnya agar penyerapan tenaga kerja dapat maksimal. Otomatis hal ini akan membawa dampak yang lebih positif. Nah, sekarang ini apakah Bintan sudah memaksimalkan untuk dua hal ini,” ungkap Gentong.

Gentong juga menyarankan agar Pemkab Bintan mengkaji lebih jauh lagi untuk setiap kebijakan yang dianggap penting. Namun hal ini diharapkan mampu membawa dampak yang lebih positif dan memang dibutuhkan oleh masyarakat Bintan.

“Saya yakin Pak Bupati melakukan ini karena ia sangat memperdulikan rakyatnya, samalah dengan saya dan teman-teman lainnya. Namun agar Bintan kedepan lebih maju sesuai dengan selogannya yaitu Bintan Bangkit, Ekonomi Pulih, apapun itu kita serahkan kepada pak Bupatu buat mengkaji ini, karena pak Bup mungkin lebih bijak dan lebih faham, karena bagi kami beliau adalah salah satu tokoh Pemuda yang terbaik di Kabupaten Bintan,” tutupnya.

Comment