banner 728x250

Malam Ini!! Disdik Lingga Umumkan Kelulusan 1610 Pelajar SMP dan MTs

  • Share

Lingga, SuaraKepri.com – Sebanyak 1610 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Lingga yang terdata dalam Daftar Nominatif Tetap (DNT) tidak dapat mengikuti ujian nasional (UN). Jum’at (05/06/20).

“Peserta Didik kelas 9 yang awalnya akan mengikuti UN T.P 2019/2020 tidak dapat dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Junaidi Adjam kepada Suarakepri.com.

banner 336x280

Gagalnya UN tersebut imbas dari pandemi corona virus (Covid-19), namun tidak perlu khawatir Junaidi mengatakan sebanyak 1601 itu dinyatakan peserta yang sudah mengikuti ujian sekolah (US) akan segera mendengar hasil dari ujiannya.

“Insya Allah malam ini, Jum’at 5 Juni 2020 pukul 21.00 akan diumumkn Kelulusannya dengan sistem Online,” terangnya.

Hal ini ia, lakukan untuk menghindari kerumunan atau konvoi dari peserta didik yang nantinya dinyatakan lulus, sehingga tidak terulang seperti kelulusan SMA kemarin.

Selain itu, Junaidi menjelaskan dari laporan yang ia terima dari beberapa sekolah, terdapat ada dari siswanya yang tidak lulus.

“Dari seluruh peserta yang terdaftar sebagai peserta ujian sekolah dan kelulusan juga ditentukan sekolah. Ada siswa yg dinyatakn tidak lulus. Saya belum dapat smpikan, Karna masih ada beberapa sekolah yang belum memberi laporannya,” Ujarnya.

Ia pun berharap, kepada peserta didik yang dinyatakan lulus nantinya, tidak dibenarkan untuk melakuka aksi yang dapat merugikan diri sendiri dan diminta kepada seluruh orang tua pelajar untuk melarang keras anak anaknya melakukan konvoi.

“Saya meminta agar setelah pengumuman disampaikan, tentunya tidak ada lagi kita melihat konvoi konvio dengan meluapkan rasa suka citanya. Karna proses kelulusan tahun ini semuanya ditentukan oleh pihak sekolah, dengan berbagai pertimbangan termaksuk penilaian sikap dan disiplin peserta didik,” pungkasnya.

Penulis : Febrian S.r

  • Share