Terkena Abrasi Pantai, Beberapa Rumah Sekop Laut Terancam Roboh

Situasi abrasi di Pantai Sekop Laut Lingga, yang berpotensi merobohkan rumah warga, foto diambil pada hari Minggu (22/1)./F. Rian

Lingga, SuaraKepri.com – Warga Sekop Laut, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri dihantam abrasi atau penggerusan pantai yang disebabkan oleh ombak (air laut besar), Minggu (22/01/22).

Sehingga hal itu, dapat berpotensi merugikan masyarakat pesisir pantai yang mayoritas sebagai nelayan, untuk itu Masyarakat Sekop Laut meminta Pemerintah Kabupaten Lingga atau Pemerintah Provinsi Kepri dapat segera bisa DAM LP (lepas Pantai).

banner 336x280

“Abrasi pantai ini sudah meluas sepanjang 25 meter dari bibir pantai sehingga akan semakin merugikan masyarakat yang berada di pesisir,” kata Vian salah satu masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Menurutnya, masyarakat di daerah itu hanya bisa berupaya membuat tanggul seadanya dengan menggunakan papan, bloti yang mana hal itu tentu saja tidak efektif untuk menahan hempasan air ombak.

“Masyarakat tidak mampu menanggulangi sepenuhnya karena nilai untuk penanggulangannya cukup besar, tentu hal ini perlu campur tangan pemerintah, kami berharap Bupati Lingga M Nizar dan Wakil Bupati Lingga Niko bisa segera memberikan kami solusi dan kepastian,” sambungnya.

Senada diungkapkan warga lainnya, Rian abrasi pantai di pesisir akan semakin meluas apabila tidak segera ditanggulangi dengan benar, bahkan menurut dia jika dalam waktu 4 hari ini Pesisir pantai Sekop Laut tidak segera di tindaklanjuti, maka tentu saja fenomena ini akan menjadi bencana untuk masyarakat pesisir.

“Apalagi semakin meluasnya abrasi ini akan menimbulkan berbagai masalah yang diantaranya akan merusak bangunan atau rumah milik masyarakat itu sendiri,” katanya.

Ia berharap pemerintah setempat dapat memberikan solusi guna mengatasi abrasi pantai yang semakin meluas di pesisir wilayah Sekop Laut, Kelurahan Dabo itu.

“Terjadinya abrasi tersebut pihak masyarakat tidak dapat maksimal mengatasi permasalahan tersebut karena membutuhkan dana yang cukup besar,” ujarnya.

Sementara itu, besar harapan masyarakat pemerintah dapat turut andil menangani permasalahan tersebut sehingga tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan seperti bencana musnahnya perumahan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Penulis : Febrian S.r

Comment