by

Sesama Manusia, AJOI dan PP Bengkalis Tunjukkan Peduli Kepada ODGJ

Penulis : -Suara Kepri-398 views

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Setelah seharian mencari Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) atau sering disebut orang gila, sekira jam 5 sore DPC AJOI Bengkalis bersama organisasi Pemuda Pancasila (PP) menemukan salah seorang ODGJ yang dipanggil Endim, di jalan Yos Sudarso Kelurahan Bengkalis kota Kecamatan Bengkalis, Jumat (25/6/2021).

Setelah berjumpa dengan Udin Tim terlebih dahulu mengajak ngobrol layaknya orang waras, selanjutnya Udin diajak untuk membersihkan badan seperti mandi dan pangkas rambut, potong kuku, serta memberi makan dan memberikan pakaian yang layak.

Kegiatan tersebut mengundang simpatisan masyarakat yang melintas di jalan tersebut.

Salah seorang masyarakat warga Tionghoa Bengkalis Hendri, yang turut serta berpartisipasi kegiatan itu mengatakan bahwa kita tergugah pintu hatinya saat melihat dua organisasi melakukan kegiatan tersebut.

Jarang kita lihat bang, tambah Hendri salah satu pengusaha elektronik yang juga pemilik toko Utama di Bengkalis, baru ini sayo tengok ado yang mau membersihkan orang gilo.

“Selamo ini mereka di bio gitu ajo, malahan ado jugo kadang tak pakai baju kadang ado yang tak pakai celana kasihan kadang bang,” ucap Hendri dengan logat Melayu Bengkalis.

Ketua DPC AJOI Bengkalis Fadli, mengutarakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sesama, walaupun akalnya tidak sama dengan kita tapi mereka (ODGJ), juga manusia yang harus di pedulikan.

“Sudah sewajarnya kita yang waras peduli kepada mereka yang tidak waras, namanya orang punya gangguan jiwa dan gila, jelas dia tidak sadar apa yang terjadi kepada dirinya sendiri, untuk membersihkan badan sendiri pun dia tidak tau bahkan dengan keluarganya sendiri mereka juga tidak kenal,” jelas Fadli.

Disini kita DPC AJOI Bengkalis dan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Bengkalis bersama-sama melaksanakan giat ini, kami berharap ada juga masyarakat yang peduli kepada mereka (ODGJ,red) dengan memberi makan, pakaian dan lain-lain.

Ditempat terpisah Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis Wawan, sangat mengapresiasi apa yang dibuat Pemuda Pancasila Kecamatan Bengkalis.

Karena PP bukan organisasi kepemudaan saja tapi juga organisasi yang peduli dengan kegiatan sosial lainnya.

Saya pribadi, sebut Wawan, sangat mendukung giat rekan-rekan Pemuda Pancasila Kecamatan Bengkalis peduli dengan ODGJ, karna inilah Pemuda Pancasila selalu peduli dengan sesama, siapapun dan dimanapun,” ujar Wawan.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Bengkalis Bung Ayi mengucapkan, alhamdulillah giat sosial hari ini berjalan lancar, walaupun awalnya terasa sulit mencari keberadaanya dan sedikit canggung karena baru kali ini kami melakukan kegiatan seperti ini.

Intinya kita sebagai manusia harus saling menghargai, kita sama-sama manusia cuma bedanya mereka tidak punya akal sehat seperti kita pada umumnya.

Comment

Berita Lainnya