banner 728x250

Demokrat Mulai Jaring Usulan Pengganti Almarhum Sani

  • Share
Apri Sujadi saat menerima bendera petaka dari Jendral (Purn) Eddy Wibowo. F. Ist

Tanjungpinang – Sampai saat ini Partai Demokrat belum mengantongi nama untuk dijagokan mendampingi Nurdin Basirun sebagai Gubernur Kepri, menyusul wafatnya HM Sani sepekan lalu. Demokrat tampaknya lebih tertarik untuk membahas kriteria, yang tak semata-mata dilakukan dengan perhitungan politis.

“Dengan kriteria yang disepakati, maka tahulah siapa figur yang tepat untuk mendampingi Pak Nurdin nantinya,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi, dalam bincang-bincangnya dengan Korwil Kepri Partai NasDem, Drs H Nyat Kadir, usai makan siang bersama di Tanjungpinang, Kamis (14/04/2016).
Yang tak kalah penting, kata Apri, upaya mencari pendamping Nurdin kelak hendaknya tidak membuat perpecahan di kalangan partai pengusung/ pendukung. Karena itu, ia merasa perlu duduk semeja dengan para pengurus partai koalisi pada Pilkada Kepri Desember lalu dalam waktu sesegera mungkin.
Artinya, tambah Bupati Bintan itu, calon pendamping Nurdin hendaknya dapat diterima seluruh partai pengusung/ pendukung beserta tim. Juga harus sejalan dengan yang didampingi dan merujuk jasa-jasa HM Sani, terutama peran personal almarhum dalam memenangkan Pilkada. Kriteria yang terakhir ini dapat mengarah kepada sosok yang punya hubungan darah dengan almarhum.
Nyat sependapat. Ia menganggap upaya yang akan ditempuh Apri dapat menimalisir perpecahan di kalangan partai pengusung/ pendukung. “Kekompakan sesama partai pengusung/ pendukung cukup penting dan saya berharap ini dapat terjaga,” ujar anggota DPR Dapil Kepri itu.
Sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila kepala daerah hasil pemilihan berhalangan tetap atau mengundurkan diri, maka yang bersangkutan diganti oleh wakilnya. Posisi wakil biasanya diisi partai pengusung utama atau pemilik kursi terbanyak, dengan persetujuan DPRD setempat.
Dengan capaian tujuh kursi pada Pemilu legislatif 2014 lalu, Demokrat merupakan partai terbesar sebagai pengusung pasangan HM Sani – Nurdin dan berhasil memenangkan Pilkada. Partai pengusung/ pendukung lainnya adalah NasDem dua kursi, PKB (3), Gerindra (3), dan PPP (2).
Belum sampai tiga bulan dilantik sebagai Gubernur Kepri, HM Sani wafat. Saat ini, berbagai spekulasi muncul terkait dengan siapa yang bakal mendampingi Nurdin setelah nanti ia dilantik menjadi Gubernur Kepri menggantikan HM Sani.(RK)
[sk]

  • Share