Example floating
Example floating
Tanjungpinang

Kehilangan Identitas, Forum RT/RW dan Capil Tanjungpinang Siap Membantu

279
×

Kehilangan Identitas, Forum RT/RW dan Capil Tanjungpinang Siap Membantu

Sebarkan artikel ini

Tanjungpinang, suarakepri.com – Dalam meningkatkan pelayanan dalam membantu warga Indonesia, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto, SH siap membantu, Kamis (01/04).

Irianto menyebutkan, bahwasanya sampai saat ini pihaknya siap membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secepat dan semudah mungkin.

Pelayanan saat ini, pihaknya sedang meningkatkan dan berupaya untuk membantu warga Indonesia yang kehilangan identitas di wilayah Kota Tanjungpinang.

“Bagi warga Indonesia yang kehilangan identitas diwilayah kota Tanjungpinang, sebisa mungkin akan kami bantu untuk mendapatkan kembali identitasnya,” ungkapnya.

Bantuan tersebut merupakan hasil pertimbangan Irianto dalam mengingat tidak semua warga Indonesia memiliki biaya untuk pulang dan melakukan pengurusan dokumen ditempat asal pembuatan identitasnya.

Irianto juga menambahkan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu warga Indonesia, namun hal ini tergantung dari Kabupaten tempat asalnya masing masing.

Dalam membantu warga Indonesia, Disdukcapil kota Tanjungpinang juga dibantu oleh Forum RT/RW tingkat Kota Tanjungpinang.

Hasirin, Ketua Forum RT/RW tingkat Kota Tanjungpinang menambahkan, bahwa sampai saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Disdukcapil kota Tanjungpinang untuk membantu warga Indonesia yang kehilangan Identitas diwilayah kota Tanjungpinang.

Namun, Identitas yang dapat dibantu kepengurusannya adalah warga yang memang perlu mendapatkan bantuan khusus.

“Untuk warga yang dapat kami bantu adalah warga yang memang perlu dibantu, seperti warga yang kekurangan fisik, biaya maupun memiliki penyakit berat seperti kanker dan lainnya,” pungkasnya.

Dalam hal ini, Hasirin menyebutkan salah seorang warga bernama Zaimah (46) berasal dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dengan penyakit Kanker Usus saat ini sedang diupayakan untuk mendapatkan kartu identitas kota Tanjungpinang.

“Sebelumnya pihak kami telah mengurus untuk mendapatkan identitasnya pada Jumat lalu (26/03) agar beliau (Zaimah) dapat berobat di kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Pengurusan dilakukan pada saat kunjungan silaturahmi bersama ketua RT/RW Kelurahan Dompak, Pak Ahmad dalam melakukan misi sosial.

Misi tersebut untuk mengupayakan agar Zaimah dapat menggunakan bantuan dari BPJS KIS kota Tanjungpinang, karena sebelumnya beliau melakukan pengobatan di kota Batam

“Agar pemerintah kota Tanjungpinang dapat membantu beliau (Zaimah) dalam melakukan pengobatan, maka pihak kami meminta bantuan kepada Kadis Disduk Capil,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, Kadis Disdukcapil, Irianto mau membantu dan memberikan dukungan terhadap misi sosial yang sedang kami perjuangkan,” tambahnya.

Terlihat saat ditempat, salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, berasal dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sedang meminta bantuan kepengurusan kehilangan Identitas dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Kadis Disdukcapil atas bantuannya.

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada bapak Irianto yang telah membantu dan menghubungi langsung Dinas Disdukcapil kota Baubau,” ujarnya.

“Akhirnya saya telah mendapatkan identitas kembali sebagai warga negara Indonesia atas bantuan langsung dari Bapak Irianto,” tutupnya.

Comment